Senin, 26 Maret 2012

Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter memperkenalkan istilah Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK). EEK ini diletakkan di dalam prosedur pembelajaran pada bagian inti. Mari kita bahas pengertiannya satu persatu.

Pengertian Eksplorasi

Eksplorasi adalah kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk membuat rencana untuk membangun pengetahuan dasar siswa. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk Reading skills, siswa diperkenalkan kosakata yang akan dipakai dalam teks. Atau dilakukan review vocabulary untuk mengetahui kemampuan awal siswa sehingga tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran reading.

Pengertian Elaborasi

Elaborasi adalah kegiatan inti pembelajaran. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris reading skills siswa diminta melakukan serangkaian kegiatan misalnya menjawab pertanyaan tentang isi teks, menemukan pokok pikiran atau informasi detil dari bacaan.

Pengertian Konfirmasi

Konfirmasi merupakan tahap akhir dari pembelajaran. Pada bagian ini guru memberikan feedback terhadap para peserta didik. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris Reading Skills, guru memberikan penguatan atau pembetulan error yang dilakukan siswa selama kegiatan belajar mengajar.

Bagaimana susunan kegiatan pembelajaran dengan EEK ini?

Karena disusupi oleh Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK), maka susunan kegiatan pembelajaran menjadi seperti di bawah ini:

1. Kegiatan Awal

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

b. Elaborasi

c. Konfirmasi

3. Kegiatan Penutup

Salam persahabatan, 
Fadli Eha ~ Sekolahoke.com

Baca artikel lainnya



3 komentar:

Rika Amelia Herf mengatakan...

Terima kasih, artikelnya membantu sekali :)

FadliEha - sekolahoke.com mengatakan...

trima kasih atas kunjungannya

dimas threeyoga mengatakan...

terimakasih..

Poskan Komentar