Pelaksanaan Ujian Nasional SMP Tahun 2012

Ujian Nasional (UN) SMP akan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 26 April 2012 mendatang dengan format ujian yang sama dengan tahun lalu. Mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

Kabar ini sekaligus menepis wacana bahwa pelajaran yang akan diujikan kemungkinan ditambah yakni IPS dan Pendidikan Agama. Entah apa penyebab pemerintah khususnya departemen pendidikan tidak jadi melaksanakannya.

Mulai saat ini siswa memiliki waktu sekitar 3 bulan untuk mempersiapkan diri. Karena dengan persiapan yang matanglah, sukses ujian nasional bisa diraih.

Yang menjadi pertanyaan, apakah kecurangan selama ujian bisa diminimalisir?

Bukan rahasia kalau selama ini ujian nasional ditengarai tidak murni. Kasus kebocoran soal, serangan fajar berupa kunci jawaban, hingga contek massal yang sering diberitakan adalah bukti bahwa ujian nasional berada pada level abu-abu alias tidak bisa dipercaya 100 persen.

Bahkan upaya pengelola ujian sedemikian rupa seolah tak mampu mengurangi masalah ini. Mulai dari pengawas silang, model soal sistim paket hingga rencana pencampuran siswa antar sekolah, menjadi senjata yang tak mempan.

Kecurangan merajalela. Bahkan anak yang tak punya kompetensipun masih bisa lulus sempurna.

Lalu apa lagi yang diharapkan dengan pelaksanaan ujian nasional seperti ini? Apakah hanya demi pertruhan gengsi dengan negara lain yang mempunyai patokan nilai tinggi?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com