Senin, 26 Desember 2011

Istilah-istilah di Internet

| Senin, 26 Desember 2011
Berikut ini adalah daftar istilah yang sering kita temui di internet. Berhubung masih banyak di antara kita yang belum paham, maka sekolahoke.com berbagi pemahaman.
  • Browser adalah perangkat yang membuat kita bisa berselancar di internet. Beberapa browser populer antara lain Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan Opera.
  • Search Engine atau dalam Bahasa Indonesia disebut mesin pencari adalah situs yang memungkinkan kita mencari file, informasi, atau artikel dengan hanya mengetikkan kata kunci di dalam kotak pencarian. Setelah beberapa saat akan muncul judul-judul artikel yang disarankan oleh mesin pencari tersebut. Beberapa mesin pencari terkenal misalnya yahoo.com, google.com, dan bing.com.
  • Download atau dalam Bahasa Indonesia disebut unduh adalah cara kita mengambil data dari internet untuk disimpan ke dalam hard disk komputer.
  • Upload atau dalam Bahasa Indonesia disebut unggah adalah menampilkan atau memasukkan data ke internet baik melalui jejaring sosial, blog maupun website.
  • Link atau dalam Bahasa Indonesia disebut tautan merupakan jaringan yang menghubungkan artikel dengan artikel lain dengan menempatkan satu kata atau kalimat yang bisa di klik. Jika kata atau kalimat tersebut di klik maka pengguna akan di arahkan ke artikel yang lain.
  • Email adalah singkatan dari Electronic Mail, yaitu surat elektronik via internet. Dengan email para pengguna bisa berkirim surat melalui internet dengan cepat. Penyedia layanan email populer antara lain yahoo, gmail, plasa, dan hotmail.
  • Jejaring sosial adalah istilah yang diperuntukkan bagi situs yang menyediakan tempat berbagi dan bertemu dengan orang lain via internet. Beberapa jejaring sosial populer antara lain Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, Plurk, Koprol, dan Skype.
  • Portal adalah situs yang menyediakan informasi tertentu bagi para pengguna internet. Banyak sekali portal di dunia maya. Ada portal berita seperti Kompas.com dan Detik.com. Ada juga portal jual beli seperti Kaskus.us. Di luar negeri banyak sekali portal yang menyediakan informasi aktual dan faktual seperti Dailymail.co.uk, Telegraph.co.uk, dan Technocrunch.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar