Selasa, 13 Desember 2011

Cara Mudah Mengembangkan Kalimat Menjadi Paragraf Bahasa Inggris

Writing (mengarang/menulis) adalah productive skills, artinya dalam proses mengarang/menulis melibatkan kemampuan penulis untuk menyampaikan ide-ide dalam bentuk tulisan.

Sebagian orang menganggap mengarang adalah hal yang paling sulit. Mengarang adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa alasan orang yang merasa mengarang itu sulit, diantaranya: tidak mampu mengembangkan kalimat topik menjadi paragraf, koherensi antar paragraf dan pengembangan ide.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mudah untuk mengembangkan kalimat topik menjadi paragraf. Untuk pembahasan koherensi antar paragraf dan pengembangan ide akan dibahas di artikel selanjutnya.

Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat rancangan artikel. Tuliskan apa saja yang akan ditulis dalam artikel. Jika artikelnya harus berbahasa Inggris, silahkan langsung tuliskan draft dalam bahasa Inggris. Namun, jika dirasa sulit, lebih baik memakai Bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan menjadi Bahasa Inggris.

Kedua, fokus pada kalimat topik untuk dikembangkan. Misalnya: kalimat topik: I met him at Matahari Department Store.  

Kita bisa kembangkan menjadi seperti di bawah ini:

It was Sunday afternoon. I met him at Matahari Department Store. I was surprised because he was walking hand in hand with a girl. It made me so jealous.

Perhatikan bahwa semua semua kalimat dalam paragraf di atas mendukung kalimat topik. Kalimat pendukung (supporting sentences) ini berfungsi memperjelas apa yang dibicarakan.

Apakah satu paragraf harus berisi lebih dari satu kalimat? Tidak. Jika dirasa kalimat topik sudah cukup jelas maka cukup kalimat itu saja. Namun, jika memerlukan penjelasan detil, maka paragraf perlu ditulis lebih dari satu kalimat dengan syarat, kalimat pendukung tidak melenceng dari kalimat topik.

Terakhir, setelah dirasa cukup, beralihlah ke kalimat topik yang lain. Bisa juga dengan melakukan estafet menambah satu kalimat tiap kalimat topik. Setelah semua paragraf selesai mulai lagi meneliti paragraf satu demi satu untuk mengetahui apakah kalimat pendukung sudah sesuai dengan kalimat topik.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar