Rabu, 14 Desember 2011

Cara Membuat Teks Report

Teks report adalah teks yang berfungsi mendeskripsikan sesuatu secara umum. Objek yang digambarkan dalam teks report adalah sesuatu yang ada di sekitar kita pada umumnya. Misalnya, binatang, tumbuhan, perayaan, dan benda-benda.

Bagaimana supaya kita bisa membuat teks report dengan mudah dan cepat? Simak cara mudah membuat teks report berikut ini.
  1. Tentukan apa yang akan dideskripsikan. Perlu diingat, sesuatu yang akan dideskripsikan harus umum.
  2. Buatlah rancangan karangan. Lebih mudah dengan membuat beberapa pertanyaan terlebih dahulu. Jawaban dari pertanyaan tersebut nantinya akan menjadi pokok pikiran
  3. Kembangkan pokok pikiran.
Setelah mengetahui langkah-langkah di atas, sekarang kita akan belajar cara membuatnya. Perhatikan kerangka karangan teks report berikut ini.

Kita ambil objek untuk dideskripsikan, misalnya binatang. Selanjutnya kita pilih satu binatang. Pilih saja yang gampang dan mudah, contohnya: Mouse.

Sekarang kita buat beberapa pertanyaan yang nantinya akan menggambarkan secara detil tentang Mouse ini. Pertanyaan tersebut kita jawab. Supaya teks report yang kita buat lebih tajam dan akurat sebaiknya referensi lebih lengkap dari berbagai sumber.

Contoh pertanyaan:
  • Tikus termasuk jenis binatang apa?
  • Dimana habitatnya?
  • Bagaimana cara tikus agar bisa bertahan hidup?
  • Seperti apa bentuk dan ciri-ciri tikus?
  • Bagaimana mereka berkembang biak?
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas. Setiap jawaban yang kamu buat akan menjadi pokok pikiran setiap paragraf.

Setelah selesai membuat kerangka karangan, mulailah mengembangkan pokok pikiran menjadi sebuah paragraf. Perlu diingat setiap kalimat dalam paragraf adalah kalimat pendukung pokok pikiran. Jadi, jangan sampai melenceng.


Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar