Bedanya Modem Smart dan Smartfren

Modem Smart dan Smartfren sebenarnya sama. Perbedaannya hanya pada penambahan kata fren di belakang kata Smart. Keduanya berasal dari perusahaan telekomunikasi Indonesia, PT. Smart Telecom.

Pada awal kemunculannya, PT. Smart Telecom menghadirkan gadget dan modem bernama Smart. Tersedia modem dan HP yang bisa menjadi modem.

Memasuki tahun 2011 perusahaan telekomunikasi ini melakukan merger dengan Fren Mobile yang akhirnya membentuk brand baru bernama Smartfren.

Apa yang terjadi dengan Smart setelah proses merger ini? Sejauh pengamatan saya, modem mengalami penurunan kualitas. Akses semakin lambat. Bahkan terkesan diabaikan oleh PT. Smart Telecom.

Sejak menggunakan modem Smart tahun 2007, saya merasakan koneksi internet dengan modem ini sangat lambat. Bahkan beberapa bulan ini sering gagal browsing.

Akhirnya saya memutuskan membeli modem Smartfren karena ada promo bulan Desember 2011 ini. Dengan hanya seharga 149 ribu rupiah, akhirnya saya memiliki HP Modem Smartfren.

Setelah saya coba, terasa sangat mantap. Dengan paket berlangganan 45 ribu rupiah sebulan, Smartfren cukup mumpuni untuk mengakses internet. Beberapa situs besar yang memakai banyak banner flash, terasa ringan untuk dibuka.

Akhirnya saya meninggalkan modem Smart dan beralih ke Smartfren. Sebenarnya eman sih. Karena sisa paket unlimited di kartu Smart masih satu bulan lagi expired. Sayang sekali kartu Smart tidak bisa dipakai di Modem Smartfren. Daripada pusing gak bisa ngeblog, saya tinggalin aja deh Smart. Bye Smart!

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Modem HP Smartfren Xtreme disini...

8 komentar:

  1. hp saya pake kartu smart kemudian saya ganti smartfren, bisa gak ya....

    BalasHapus
  2. Ya bisa lah.. Coba aja ! Kan sama2 ajj produk smart.

    BalasHapus
  3. saya awalnya pengguna hp smart modem ZTE, krn sangat lelet tak coba pakai hp smartfren android i dengan menggunakan kartu smart yg unlimit satu bulan(45 rb ). hasilnya sangat mantab dan cepat dlm browsing. untuk kartu smartfren bawaan hp android i saya masukkan di hp smart ZTE. hasilnya hp tdk bisa merespon kartu smartfren

    BalasHapus
  4. Betul gan. Saya pake HP extreme selama setahun. Kemudian ganti modem EVDO Rev B. Di dalamnya pake kartu smart (model lama). Ketika saya masukkan ke hape extreme, ternyata tdk bisa dibaca. Tapi, sebaliknya, kartu Smartfren di HP Extreme bisa dibaca di modem.

    Kesimpulannya, Modem bisa baca kartu Smart dan Smartfren. Sedangkan HP tidak bisa baca kartu smart.

    BalasHapus
  5. kalo HP smart pake aja nomor smartfren yang awalan 0881 atau 0882. pasti bisa

    BalasHapus
  6. kalo HP smart pake aja nomor smartfren yang awalan 0881 atau 0882. pasti bisa

    BalasHapus
  7. kalo HP smart pake aja nomor smartfren yang awalan 0881 atau 0882. pasti bisa

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com