Inilah Alasan Mengapa Sulit Menguasai Bahasa Inggris

Pelajaran Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran utama di Indonesia. Bahkan dijadikan mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional.

Kurikulum pendidikan nasional mensyaratkan pelajaran Bahasa Inggris diajarkan sejak kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Pelajaran tersebut berlangsung hingga memasuki kelas XII Sekolah Menengah Atas. Jadi, 6 tahun lamanya, Bahasa Inggris dipelajari. Tapi, mengapa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan menguasai Bahasa Inggris?

Berikut ini akan dikemukakan beberapa alasan mengapa siswa Indonesia kesulitan menguasai Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris adalah bahasa asing di Indonesia. 
Sebagai bahasa asing Bahasa Inggris hanya dipelajari di sekolah. Bahasa Inggris tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan hanya berbekal pertemuan 2 kali seminggu, maka cita-cita menguasai Bahasa Inggris seolah hanya mimpi semata.

Pembelajar tidak tahu manfaat belajar Bahasa Inggris. 
Para siswa tidak paham kenapa harus belajar Bahasa Inggris. Bahkan tak jarang mereka cuek dengan Bahasa Inggris, sebab walaupun tidak menguasai Bahasa Inggris, mereka tetap bisa hidup. Mereka beranggapan Bahasa Inggris tak menjamin masa depan mereka.

Metode pembelajaran tradisional
Metode pembelajaran Bahasa Inggris masih berkutat dengan Grammar. Metode yang digunakan jauh dari metode mengajar Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi sehari-hari. Dengan pelajaran Grammar yang rumit, siswa menjadi bosan belajar Bahasa Inggris. Akhirnya mereka kehilangan motivasi belajar Bahasa Inggris.

Terlalu banyak fitur bahasa yang harus dikuasai. 
Mereka harus belajar mengucapkan, tahu artinya, tahu kapan menggunakannya. Selain itu mereka harus mengetahui cara menyusun kalimat yang sama sekali tidak sama dengan Bahasa Indonesia.

Dengan alasan-alasan di atas, bisa disimpulkan, Bahasa Inggris akan sangat sulit dikuasai oleh para pembelajar. Siswa yang tidak termotivasi, dan guru yang tak punya metode yang baik, maka sampai dunia berakhir pun, Bahasa Inggris tetap hanya akan menjadi bahasa yang dikuasai segelintir orang saja. Dikuasai oleh siswa yang punya motivasi instrinsik dan punya uang lebih untuk belajar mendalam.

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai pengajar bahasa Inggris?

Sebagai pengajar sebaiknya tetap kontinyu belajar metode pembelajaran yang tepat.  Tidak lelah menemukan metode yang tepat dalam membimbing pembelajaran Bahasa Inggris.

Selain memantapkan metode, guru juga mencari cara yang memotivasi siswa hingga ada rasa suka terhadap Bahasa Inggris. Dengan rasa suka, segala apapun akan menjadi mudah. Jika segalanya dirasa mudah, maka tinggal selangkah untuk menguasai.

Disini, sekolahoke.com berbagi teknik, strategi, dan metode yang bapak da ibu guru bisa gunakan. Dengan sharing strategi dan seni pembelajaran, ada kemungkinan, rasa pesimis agar siswa kita bisa menguasai Bahasa Inggris pelahan bisa hilang.

Penulis: Fadli Eha

2 komentar:

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com