Senin, 31 Oktober 2011

Cara Mengajar Bahasa Inggris Menggunakan Media Film

Mengajar bahasa Inggris menggunakan media film cukup jitu menghilangkan kejenuhan siswa terhadap materi pelajaran. Kejenuhan menjadi hilang karena film menggunakan audio dan visual yang tidak monoton. 

Menggunakan film sebagai media belajar bahasa Inggris sangat membantu dalam banyak hal. Keuntungan itu antara lain: siswa bisa mendapat latihan listening, speaking, reading juga writing.

Pelajaran listening bisa diperoleh dari percakapan yang dilakukan oleh para tokoh cerita, speaking didapat dengan mendengarkan ungkapan-ungkapan dalam pembicaraan, sedangkan reading dan writing diperoleh dari teks yang muncul di scene film.

Bagaimana cara mengajar bahasa Inggris menggunakan media film? Ikutilah langkah-langkah yang disarankan oleh tim kerja sekolahoke.com.

Persiapan

1. Pilihlah film yang sesuai dengan tema. Misalnya tema yang berhubungan dengan genre teks Narrative.

2. Lakukan pengeditan. Pengeditan dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti adegan kekerasan dan pornografi yang tak pantas ditonton siswa. Pengeditan juga berfungsi mengatur durasi tayang film. Tandai kapan harus memotong film. Tidak mungkin selama satu pelajaran penuh menonton. Sebaiknya ada yang akan diperoleh siswa setelah menonton siswa.

3. Persiapkan alat evaluasi. Alat evaluasi misalnya: pertanyaan seputar film, pertanyaan tentang nama-nama tempat, alat, tokoh cerita dan lain-lain.

Pelaksanaan.

1. Berikan leading questions. Pertanyaan leading questions sebaiknya bisa dijawab dengan mudah oleh siswa. Misalnya: Have you ever watched a movie? What kind of movie do you like?

2. Berikan siswa lembar tugas berisi pertanyaan seputar film. Mintalah mereka membuat prediksi jawaban atas tiap pertanyaan.

3. Putar film. 

4. Mintalah siswa menjawab pertanyaan secara lisan atau tertulis. Untuk advance level bisa diberi tugas membuat ringkasan atau melakukan story telling.


Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar