Senin, 26 September 2011

Permainan Seru Bahasa Inggris Untuk Speaking Skills Dengan Cat and Mouse Game

Teknik permainan berguna untuk mengurangi kebosanan dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, permainan juga menghilangkan perasaan tertekan dalam diri siswa. Perasaan tertekan ini biasanya terjadi pada siswa yang merasa kemampuannya pas-pasan.

Kali ini sekolahoke.com memperkenalkan permainan Cat and Mouse untuk speaking skills pelajaran bahasa Inggris. Permainan ini diadaptasi dari permainan anak tradisional. Dengan beberapa modifikasi, permainan ini bisa diterapkan dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas.

Siswa berdiri membentuk lingkaran. Siswa sebagai Cat berdiri di tengah lingkaran. Nantinya dia akan mengajukan pertanyaan kepada 1 siswa yang berdiri di dalam lingkaran. Jika siswa yang ditanya tidak bisa menjawab pertanyaan dalam hitungan 1-5, dia ganti  menjadi cat. Siswa tersebut harus melakukan hal serupa seperti orang pertama. Dia bisa diganti jika siswa yang ditanya tidak bisa menjawab.


1. Mintalah siswa berdiri membentuk lingkaran. Dengan guru berdiri di tengah lingkaran.

2. Jelaskan kepada siswa aturan permainan.

3. Mulai permainan dengan guru menjadi Cat terlebih dahulu. Guru memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswa. Tentu saja pertanyaan harus sesuai dengan tema pelajaran. Misalnya tema "Perkenalan". Maka pertanyaan harus seputar "perkenalan" misalnya: What's your name?, Where do you live?. Sebelum permainan dimulai, pertanyaan dan cara menjawab harus dikuasai siswa terlebih dahulu.

4. Siswa yang tidak bisa menjawab ganti menjadi Cat dan meneruskan permainan.

Permainan ini bisa dimainkan dalam kelas kecil dan besar. Jika terdapat siswa di bawah 20, buat 1 lingkaran saja. Tapi untuk kelas besar seperti kelas yang terdiri dari 40 siswa, bagilah menjadi 3 atau 4 kelompok. 

Guru bertugas memonitor permainan ini. Guru memperhatikan error dan kesalahan yang nantinya bisa menjadi bahan evaluasi setelah permainan selesai. 

Bagaimana kalau kelas menjadi gaduh dan bising. Biarkan saja karena itu adalah bagian dari kelas bahasa. Guru hanya mengontrol jika mereka out of context saja.

Permainan ini bisa dimainkan selama 10 menit. Lebih dari itu akan menimbulkan kejenuhan.

Selamat mengajar

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar