Makanan dan Minuman Penyebab Tulang Keropos (Osteoporosis)

Makanan dan minuman diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, makanan dan minuman juga berguna memperbaiki sel-sel yang rusak.

Namun, tidak semua makanan dan minuman baik bagi tubuh. Ada beberapa jenis makanan dan minuman justru menyebabkan tulang menjadi keropos (osteoporosis). Mengapa bisa terjadi demikian? Penyebabnya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi tersebut mengurangi kadar kalsium dalam tubuh. Padahal kalsium dibutuhkan untuk membentuk dan menguatkan tulang.

1. Soft drinks
Penyuka soft drinks harus berhati-hati. Minuman berkarbon mengandung asam fosfat menyebabkan kalsium banyak keluar melalui urin.

2. Garam
Mengkonsumsi terlalu banyak garam (natrium) menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Menurut para ahli, orang akan kehilangan 40 miligram kalsium dalam urin untuk setiap konsumsi 2.300 miligram natrium.

Hampir semua makanan dan minuman memakai garam sebagai bahan pembuatnya. Waspadalah dalam mengkonsumsinya. Jika tidak hati-hati, maka beberapa tahun kemudian tubuh mengalami perubahan seperti bungkuk atau tulang mudah patah.

3. Kafein
Kafein juga menyebabkan kalsium banyak dikeluarkan melalui urin. Kafein biasanya ditemukan pada kopi. Selain itu ada minuman lain yang mengandung kafein, contohnya minuman energi.

4. Alkohol
Alkohol mempunyai banyak efek negatif bagi tubuh. Alkohol juga menyebabkan tulang lebih cepat keropos. Menurut para peneliti, alkohol mengganggu kerja pankreas dan penyerapan kalsium. Alkohol juga menyebabkan vitamin D tidak bisa diserap oleh tubuh.

5. Vitamin A
Vitamin A banyak terdapat dalam telur, hati dan susu. Vitamin A sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan indera penglihatan. Namun, mengkonsumsi  makanan ini secara berlebihan meningkatkan resiko patah tulang lebih besar. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin A dalam porsi kecil saja. (FEH) 

Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com