Rabu, 21 September 2011

Langkah Mengajar Teks Fungsional Surat Undangan (Short Functional Text Invitation Letters)

Short Functional Text Invitation Letters (Surat undangan) merupakan materi pelajaran Bahasa Inggris untuk SMA kelas X Semester Gasal. Invitation letters termasuk teks fungsional pendek karena berisi satu informasi tertentu. Informasi dalam teks fungsional ini adalah mengundang seseorang atau sekelompok orang untuk menghadiri suatu acara.

Cara mengajarkan kepada siswa tidak terlalu sulit. Bapak dan ibu guru bisa menggunakan langkah mengajar short functional invitation letters berikut ini. Tentu saja langkah ini bisa dimodifikasi sedemikian rupa sesuai kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa yang bapak dan ibu guru ajar.

Prosedur pembelajaran:
  1. Mintalah siswa membuat daftar acara undangan yang pernah mereka datangi. Ini untuk memudahkan siswa memahami konteks dari topik yang akan dipelajari.
  2. Mintalah siswa untuk mempelajari beberapa kata yang akan digunakan dalam pembelajaran. Ajarkan mereka beberapa kosakata yang biasanya ditemui dalam undangan seperti: date, time, place, dll.
  3. Buatlah siswa berpasangan. Berilah masing-masing sebuah kartu undangan. Siswa A tidak sama dengan siswa B. Siswa A mempunyai kartu undangan dengan isi lengkap. Sedangkan siswa B mempunyai kartu undangan yang sebagian isinya kosong. Lihat contohnya teks undangannya disini.
  4. Mintalah siswa A membaca teks undangan dan siswa B menyimak dan mengisi bagian yang kosong. 
  5. Selanjutnya siswa B membaca teks undangan yang ia punya, sementara siswa A menyimak dan menulis.
  6. Untuk kelas besar, misalnya di atas 20 siswa, Mintalah 1 orang ke depan dan membaca undangan. Sedangkan yang lain menyimak dan menulis.
  7. Selanjutnya siswa dibuat berkelompok 4 atau 5 orang dan menandai pernyataan tentang isi bacaan.
  8. Bagian terakhir, siswa diminta membuat surat undangan seperti model teks yang diberikan.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar