Senin, 30 Mei 2011

Gambaran Kegiatan Pembelajaran Dengan Task Based Learning

Task Based Learning (TBL) adalah sebuah teknik penyajian pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Teknik ini digunakan untuk menyampaikan bahasa baru disertai fitur-fitur yang ada di dalamnya. Fitur-fitur bahasa itu misalnya kosakata, struktur bahasa dan pengucapan.

Kegiatan pembelajaran Task Based Learning hampir seluruhnya berpusat pada siswa. Dari awal hingga akhir pembelajaran, siswa mendapat tugas yang harus diselesaikan baik secara berkelompok maupun individu.

Dalam proses pembelajaran ini, guru berperan sebagai instruktur. Guru hanya memberi instruksi apa yang harus dilakukan siswa. Selain memberi instruksi, guru juga memonitor kegiatan proses pembelajaran tersebut.

Berikut ini akan dipaparkan bagaimana proses belajar mengajar dengan Task Based Learning.

Tujuan Pembelajaran:
Siswa memilih makanan dan minuman untuk pesta ulang tahun.

Langkah - langkah pembelajaran:
Diskusikan dengan siswa tentang ulang tahun, misalnya kapan ulang tahun mereka, hadiah apa yang mereka inginkan, bagaimana pesta ulang tahun yang pernah mereka kunjungi, apa yang mereka makan dan minum.

Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok dan berikan mereka lembar kerja yang berisi gambar-gambar makanan dan minuman yang biasanya ada di pesta ulang tahun disertai nama dan harganya.

Mintalah siswa untuk memilih makanan dan minuman untuk pesta ulang tahun mereka yang akan mengundang 10 orang. Alokasi dana yang diberikan sebesar Rp 100.000,-

Siswa melaksanakan tugas dan guru memonitor kegiatan sambil menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa.

Setelah selesai bekerja dalam kelompok, siswa menyampaikan hasil diskusinya dengan kelompok lain.

Setelah selesai menyampaikan hasil diskusi kelompok, siswa mengerjakan tugas menulis. Tugas itu misalnya memilih benda yang bisa dihitung dan tidak bisa dihitung atau grammar yang tentunya masih dihubungkan dengan tema ulang tahun.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar