Cara Supaya Tetap Ingat Kosakata Bahasa Inggris

Pelajar bahasa Inggris mudah lupa dengan kosakata. Apalagi kosakata yang rumit. Maksudnya rumit? Rumit dari dari jumlah huruf dan cara mengejanya. 

Contoh:
  • through
  • moustache

Dua kata di atas termasuk rumit susunan huruf dan cara membacanya. Semakin rumit tentunya sangat sulit mengingatnya. Kalau sudah sulit mengingat, kemampuan berbahasa Inggrispun makin berkurang. Kalau sudah begini, semangat untuk belajar bahasa Inggris jadi menurun.

Tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. Mari kita coba solusinya.

Kalau kamu memang semangat belajar, tak ada salahnya menghafal. Berat? Mungkin berat kalau tidak tahu metode menghafal yang tepat.

  • Mulailah dengan lingkungan sekitar.
Mulailah menghafal hal-hal ringan di sekitar kamu. Lihat seluruh ruangan rumah kamu. Apa yang kamu temui disitu. Ada berbagai macam benda. Tempat tidur, selimut, cangkir, sepatu, gantungan baju. 

Kalau sudah mengidentifikasi benda-benda di sekitar kamu, berilah label masing-masing. Ambil secarik kertas. Tulislah kata BED kemudian tempel di tempat tidur. Usahakan tulisan itu menarik dan jelas.

Benda-benda yang tak mungkin ditempeli kertas bagaimana? Kalau yang ini gunakan spidol. Misalnya di bupet ada cangkir. Tuliskan CUP di salah satu sisinya.

Dengan memberi label-label barang-barang ini kamu bisa melihatnya setiap saat. Semakin sering kamu melihat, otak akan merekam yang kamu lihat. Tentu saja, kamu tak perlu susah-susah mengingat lagi karena kamu sudah menghafal di luar kepala.

  • Menghafal kata kerja ternyata lebih cepat dan mudah
Ada ribuan kata bahasa Inggris dan tak mungkin semuanya kita hafal dalam waktu singkat. Tahap awal hafalkanlah Kata Kerja (Verb). Memang ada perubahan-perubahan disitu. Hafalkan saja Verb 1. Perubahan bentuknya abaikan saja karena mudah sekali membuatnya.

Berapa kata sehari yang harus dihafal? 5 kata saja cukup. 

Caranya bagaimana? Pakailah kartu. Kartu-kartu ini bisa kamu buat sendiri. Potong-potonglah 10 x 10 cm. Tuliskan 1 kata kerja dan artinya di bagian belakang. Bawalah kartu itu ke sekolah atau kemana engkau pergi. Setiap ada waktu luang, bacalah baik-baik.

Malam harinya ketika akan berangkat tidur, tempelkanlah di dinding atau di papan yang kamu persiapkan di kamar kamu. Dan persiapkanlah kata baru untuk esok hari.

Sepertinya ribet? gak juga. Kalau kamu tidak mau repot-repot membuat kartu, tulislah di hape kamu. Lihatlah selagi sempat. Tapi harus disiplin dong! Jangan setelah nulis, terus diabaikan begitu saja. Percuma banget.

  • Mainkan game bahasa Inggris
Game bahasa Inggris sangat banyak. Kamu bisa cari melalui google atau bisa pesan di toko-toko dekat rumah kamu. Cari yang menarik dan menyenangkan. Karena kalau sudah menyenangkan pasti mudah untuk mengingat.

  • Menulis buku harian berbahasa Inggris
Buku harian? Kayak cewek aja. Eits, jangan dikira buku harian hanya untuk cewek lho. Cowok juga bisa. Mungkin gaya bahasanya yang berbeda. Kalau takut dianggap cengeng, tulis saja hal yang tak ada hubungan dengan cinta-cintaan dan perasaan. 

Jangan berpikir kalau menulis buku harian harus panjang. Cukup satu kalimat sebagai tanda kamu berbahasa Inggris hari ini. 

Contohnya: 
  • I have a new friend today
  • I buy rujak petis with Dono

Mudah kan? Saya yakin kamu akan menyukai menulis diary dengan gaya ini. Lupakan dulu struktur bahasa. Itu belakangan aja. Yang penting sekarang keluarkan uneg-uneg kamu dalam bahasa Inggris. 

Itu saja sekelumit tips supaya mudah mengingat kosakata bahasa Inggris. Pastinya masih banyak trik yang lain. Insya Allah saya sambung lagi di lain kesempatan.

Penulis & Editor: Fadlieha
Ilustrasi gambar: wikispaces.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com