Cara Jitu Sukses Ujian Nasional

Apa sih ukuran sukses ujian nasional? Nilai bagus atau di atas rata-rata? Atau nilai paling tinggi satu sekolah, kabupaten, atau se-propinsi? Tergantung kamu yang mengukurnya.

Bagi kamu yang merasa kamu mampu melewati ujian nasional dengan baik, pasanglah target setingginya. Namun bagi kamu yang punya kemampuan pas pasan, target minimal mungkin udah cukup. Pokok lulus dah cukup kan?

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk sukses dalam ujian nasional ini? Coba resep ala Sekolahoke.com.

Pertama, persiapkan diri sedini mungkin. Jauh-jauh hari sebelum ujian nasional, matangkan setiap pelajaran baik melalui drilling belajar mandiri, berkelompok atau mengikuti pelajaran tambahan.

Kedua, buang cara belajar SKS (Sistim Kebut Semalam). Otak manusia terbatas. Sangat tidak mungkin memasukkan materi dalam waktu semalam. Pasti luber. Hal ini justru membuat otak jadi tegang dan gak berfungsi normal.

Ketiga, atur waktu bersantai. Jangan gunakan waktu untuk belajar terus. Ini tidak efektif.

Keempat, bikin catatan kecil dan bawa kemanapun kamu pergi. Kamu bisa selipkan soal-soal ujian nasional di catatan kecil kamu. Bukalah di satu tempat yang berbeda. Tentu saja tempat yang mampu meningkatkan mood belajar.

Kelima, malam hari waktu ujian, tak usah terlalu ngoyo belajar. Anggaplah semua persiapan kamu sudah matang. Cukup periksa catatan kecil kamu.

Keenam, waktu ujian nasional baca dan pahami soal dengan baik sebelum menjawab.

Ketujuh, doa kepada sang pencipta.

Jangan lupa makan makanan sehat dan bergizi untuk nutrisi otak. Istirahat yang cukup mengurangi ketegangan saraf otak agar bisa berpikir jernih.

Salam,
Fadli Eha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com