Cara Mengajar Reading Menyenangkan dengan Running Dictation

Cara mengajar reading supaya menyenangkan 

Bagaimana membuat kegiatan membaca dalam pelajaran bahasa Inggris menjadi menyenangkan? Pernah coba tehnik Running Dictation? Berikut ini penjelasan dan cara mempraktekkannya di kelas. 

Apa yang dimaksud dengan Running Dictation? 

Running dictation adalah teknik pembelajaran bahasa Inggris khususnya reading skill yang menggunakan pendengaran, lisan dan gerak tubuh pembelajar dalam kegiatan membaca. 

Bagaimana cara melakukannya di dalam kelas?

Terlebih dahulu persiapkan teks. Kemudian potong-potonglah menjadi beberapa bagian atau per kalimat (lihat contohnya disini). Tempelkan potongan kertas tadi di dinding kelas. Usahakan tiap potongan terpisah jauh.

Setelah siap, buatlah siswa menjadi beberapa kelompok. Mintalah salah seorang siswa menjadi juru tulis sementara anggota kelompok lainnya menjadi pemberi informasi.

Para pemberi informasi secara bergiliran melihat tulisan di tembok dan memberitahu si juru tulis. Jika mereka lupa, mereka bisa kembali lagi untuk melihat dan kembali kepada si juru tulis dan memberikan informasi yang di dapat.

Jika pemberi informasi pertama selesai, mintalah informan kedua untuk membaca kalimat atau potongan kertas kedua dan menginformasikan kepada si juru tulis. Teruskan sampai semua potongan kertas disalin menjadi sebuah paragraf bacaan. 

Keuntungan Running Dictation Technique

Running Dictation sangat menghibur dan membuat siswa tidak jenuh hanya duduk di bangku masing-masing. Mereka bergerak di dalam kelas. Selain itu Running Dictation juga berguna melatih pendengaran dan pengucapan.

Salam Blogger Guru,
Fadli Eha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com