Sabtu, 30 Juli 2011

Cara Mengajar Kosakata Bahasa Inggris Model Teknik Categorising

Guru bahasa Inggris memerlukan banyak teknik dan strategi dalam mengajar kosakata. Teknik dan strategi yang bervariasi dimaksud mengurangi tingkat kebosanan siswa dalam belajar bahasa Ingirs. Dalam postingan ini saya ingin memberikan saran cara mengajar kosakata dengan strategi Categorising.

Saya menyebutnya Categorising Strategy, karena strategi ini memisahkan daftar kata sesuai dengan kategorinya. Pak guru dan bu guru bisa menggunakan strategi ini untuk melakukan tinjauan ulang terhadap kosakata yang pernah dipelajari siswa sebelumnya.

Langkah untuk menerapkan Categorising Strategy adalah  sebagai berikut. 

1. Persiapkan daftar kata yang akan ditinjau ulang dengan kategori berbeda. Batasi tiap kategori 5 kata saja. Contohnya bisa dilihat dalam tabel berikut:

AIR
TREE
STOMACH
AIRPORT
HARBOUR
ARM
BUS STATION
FINGER
LAND
WIND
RAILWAY STATION
WRIST
POST OFFICE
CLOUD
KNEE

2. Mintalah siswa untuk memasukkan kata-kata di atas ke dalam tabel di bawah ini.

Public places
Part of body
Nature










3. Berilah waktu 5 hingga 10 menit untuk siswa mengerjakan tugas. Sebaiknya bentuk beberapa kelompok agar siswa lebih cepat menyelesaikan tugas mereka.

Lalu tugas guru sebagai apa dalam proses pembelajaran ini? Guru bertugas sebagai perencana (planner) yaitu merencanakan kategori apa yang akan dipelajari. Selain itu guru juga berperan memimpin pengecekan hasil dan memberikan contoh pengucapan yang benar.

Salam dari Fadlieha

Baca artikel lainnya



2 komentar:

Ivanjelis Fernando mengatakan...

thx y,,artikel na sangat membantu.... :)

FadliEha - sekolahoke.com mengatakan...

Oke bro. Kalo ada pengalaman silahkan berbagi

Poskan Komentar