Mengapa Kita Tidak Lancar Berbahasa Inggris?

Mengapa kita sering lupa dengan kosakata bahasa Inggris? Mengapa pula kita sulit selancar pembicara bahasa Inggris? Bahkan kita cenderung sibuk mengartikan kalimat-kalimat yang kita lontarkan atau kita dengar?

Penyebabnya ada dua yaitu language acquisition dan language learning. Apa sih itu?

Language acquisition (pemerolehan bahasa) adalah bahasa yang dipelajari oleh anak sejak pertama kali dia lahir. Dengan language acquisition seorang anak bisa bercakap-cakap dalam bahasa yang diperkenalkan kepadanya sejak kecil. Misalnya anak yang lahir di daerah jawa maka ia akan mahir berbahasa jawa apabila sejak lahir sudah memakai bahasa jawa. Jika sejak lahir dia sudah ada di lingkungan berbahasa Inggris, maka ia akan mahir berbahasa Inggris dan itu akan mengakar ketika ia sudah mencapai usia dewasa.

Language Learning (pemelajaran bahasa) adalah bahasa yang dipelajari anak setelah ia mendapat bahasa pertama. Biasanya ini terjadi ketika anak memasuki usia sekolah. Untuk Indonesia, masih menggunakan Language Learning artinya bahasa asing diperkenalkan di sekolah saja. Akibatnya kemampuan berbahasa asing menjadi kurang bahkan cenderung hilang jika lama tak digunakan.

Apakah ada kemungkinan anak yang mendapat Foreign Language Learning sejak lahir akan mampu mendapat language acquisition. Ada beberapa faktor yang kemungkinan bisa terjadi. Jika anak tersebut di lingkungan berbahasa asing, kemampuan orang tua mengadaptasi bahasa dan sejauh mana anak memakai bahasa tersebut.

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com