Cara Mudah Menulis Teks: Analytical Exposition

Untuk bisa menulis teks Analytical Exposition memang tak semudah menulis model teks yang lain. Namun, saya berusaha berbagi cara sederhana untuk menghasilkan teks Analytical Exposition ini.

Langkah pertama, ambil sebuah gambar dan reka-reka tema yang sesuai dengan gambar tersebut. Misalnya kita temukan gambar rokok. Hmmmm... gimana kalau kita ambil tema rokok harus dilarang atau rokok haram hukumnya di Indonesia. Lumayan sebagai permulaan.
gambar dari swaberita.com
Dengan modal gambar di atas mulailah kita buat THESIS atau bisa disebut sebagai pernyataan atau pendapat kita tentang sesuatu.

THESIS
Smoking should be banned for health.
Apakah thesis sesederhana itu? Bisa dikatakan iya. Sangat sederhana. Masalah pengembangannya saya serahkan sepenuhnya pada kamu-kamu semua.

Selanjutnya adalah menentukan ARGUEMENT atau pendapat-pendapat untuk memperkuat thesis yang kita buat. Supaya arguement kita kuat dan diterima, kita memerlukan referensi yang memadai.
gambar dari halaqohdakwah.wordpress.com
Nah dengan gambar ini kamu terbantu untuk membuat arguement. Kamu bisa perkuat lagi dengan menambahkan hasil survey atau tes kesehatan tentang bahaya rokok sehingga thesis kamu benar-benar bisa diterima dengan arguement yang kuat.

ARGUEMENT
There are many harmful substance including in a cigarette. Those substance are methane, butane, nicotine that may harm your body.

Bagian akhir dari menulis teks Analytical Exposition adalah menulis REITERATION atau penegasan kembali thesis yang telah kita buat.

REITERATION
There is no reason to smoke after we know the negative effects of smoking. Because it's harmful for ourselves and people around us, government should make a rule to forbid smoking in public areas.

contoh teks Analytical Exposition klik disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com