Minggu, 05 Juni 2022

Cara Onlinekan Erapor 24 Jam Bisa Diakses Darimana Saja

| Minggu, 05 Juni 2022

Dalam postingan kali ini, sekolahoke.com berbagi trik agar erapor bisa online darimana saja selama 24 jam nonstop bisa diakses darimana saja oleh bapak dan ibu guru.


Tentu saja trik ini dikhususkan bagi operator sekolah atau pihak kurikulum yang sedang mencari cara supaya agar erapor bisa diakses oleh para pendidik tanpa harus bertumpuk di sekolah sehingga menambah berat kerja server sekolah.


Bagaimana cara agar bisa mengerjakan erapor dari rumah atau darimana saja selama ada jaringan internet di tempat tersebut? Simak caranya berikut ini.


Pertama, 


Sekolah harus punya server virtual. Server virtual bisa dibeli online. Murah mulai harga 20 ribuan hingga ratusan ribu per bulan. Tentu saja semakin mahal semakin tinggi spek dari server virtual tersebut.


Apa itu server virtual itu?


Server virtual adalah server semacam PC tapi tersimpan di awan yang bisa dijadikan tempat instal erapor dan online selama 24 jam.


Dimana membeli server virtual?


Server virtual visa dibeli di toko online seperti shopee maupun tokopedia. Carilah dengan kata kunci RDP (Remote Dekstop Protocol) atau VPS (Virtual Private Server). Carilah spek yang cocok untuk kantong. Perhatikan review pembeli agar tidak tertipu.


Kedua,


Setelah membeli, anda akan mendapatkan IP Address Komputer lengkap dengan username dan password yang digunakan untuk akses VPS/RDP.


Silahkan login. Caranya dikotak pencarian PC/Laptop anda ketikkan Remote Dekstop Connection. Masukkan IP Address, Username dan Password dari penyedia layanan. Lalu klik Login.


Ketiga,


Memasuki VPS. Matikan security connection agar bisa terhubung.


Keempat,


Install C++ Redistributable di VPS. Agar lancar menggunakan port 2020 untuk erapor. Googling saja untuk mendapatkan.


Kelima, 


Mulailah menginstal erapor 2.0 untuk SMP. Kemudian instal updater 2.0 ke 2.1. Lalu instal updater 2.1 ke 2.2.


Keenam,


Erapor sudah terinstal di VPS. Masuk ke admin erapor lalu restore hasil backup dari erapor yang ada di sekolah.


Ketujuh,


Erapor sudah siap. Silahkan dipanggil melalui komputer lain dengan alamat IP Address dari penyedia layanan diakhiri port 2020 atau 2679. Misal: 147.28.124.133:2020


Demikian cara onlinekan erapor selama 24 jam dan bisa diakses darimana saja.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar