Sabtu, 19 Oktober 2019

Cara Menemukan Gagasan Utama, Gagasan Umum atau Ide Pokok Teks

| Sabtu, 19 Oktober 2019
Bagaimana cara menumkan gagasan utama, gagasan umum, atau ide pokok sebuah teks?

Sebuah teks dibentuk dari sebuah gagasan utama, gagasan umum, atau ide pokok. Kemudian didukung oleh gagasan-gagasan khusus sebagai penguatnya.

Gagasan utama, gagasan umum, atau ide pokok bisa ditemukan setelah membaca isi teks secara keseluruhan. Namun tak jarang penulis meletakkan gagasan utama, gagasan umum, atau ide pokok di kalimat pertama setiap paragraf.

Perhatikan contoh berikut ini:

Sebelum itu, kondisi hutan Indonesia benar-benar sudah memprihatinkan. Dalam kurun waktu 50 tahun, hutan Indonesia mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. Pembukaan hutan alam di dataran rendah di Sulawesi telah memusnahkan.

Kalimat yang bercetak tebal merupakan gagasan utama. Mengapa demikian?

Kalimat tersebut disebut gagasan utama karena merupakan hal yang lebih penting dari seluruh isi paragraf. Sedangkan kalimat-kalimat selanjutnya adalah kalimat yang mendukung.

Kesimpulannya, untuk mencari gagasan utama, gagasan umum, atau ide pokok teks adalah dengan membaca keseluruhan isi paragraf kemudian menentukan mana kalimat yang paling penting maka itulah gagasan utama, gagasan umum, atau ide pokok teks.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar