Selasa, 04 Juni 2019

Siapa Saja Yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

| Selasa, 04 Juni 2019
Zakat Fitrah merupakan kewajiban setiap muslim untuk membayar. Zakat ini dibayar pada bulan Ramadlan hingga sebelum pelaksanaan shalat idul fitri. Lalu, siapa saja yang wajib membayar zakat fitrah? Simak artikel dari penulis tamu Sekolahoke.com berikut ini.

Syarat Wajib Zakat Fitrah
Oleh: Roviatul Fitriyah 
Email: Roviatul01548@gmail.com

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas orang-orang yang telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: 

Beragama Islam

Orang tersebut harus beragama Islam. Maka dengan demikian, orang kafir tidak wajib membayar zakat fitrah.  

Masih hidup 

Orang yang akan bayar zakat tersebut masih hidup ketika matahari terbenam pada hari terakhir bulan Ramadhan atau menjelang malam Idul Fitri. 

Seorang muslim yang meninggal sesudah matahari terbenam pada hari terakhir bulan Ramadhan tidak wajib membayar zakat fitrah. 

Namun, apabila seorang muslim meninggal ketika matahari tenggelam pada hari terakhir bulan Ramadhan, maka ia tetap berkewajiban membayar zakat fitrah. 

Sementara itu, orang tua dari bayi yang lahir sesudah matahari terbenam pada hari terakhir bulan Ramadhan tidak berkewajiban membayar zakat fitrah untuk  bayinya tersebut. 

Namun jika bayi lahir sebelum matahari tenggelam pada hari terakhir bulan Ramadhan, maka orang tuanya wajib membayarkan zakat untuknya. 

Laki-laki menikahi istri sebelum hari terakhir Ramadlan

Laki-laki yang menikah sesudah terbenamnya matahari pada hari terakhir bulan Ramadhan juga tidak berkewajiban membayarkan zakat fitrah untuk istrinya. 

Punya kelebihan makanan pokok

Orang yang mempunyai kelebihan makanan pokok untuk diri dan keluarga yang menjadi tanggungannya pada malam Idul Fitri dan siang harinya wajib membayar zakat fitrah.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar