Kepanjangan US UN, UNBK, UNKP, USBN

Pendidikan di Indonesia baru-baru ini memperkenalkan beberapa singkatan seperti US, UN, UNBK, UNKP dan USBN. Apa kepanjangannya?

US singkatan dari Ujian Sekolah. US hampir sama dengan Ujian Akhir Sekolah minus pelajaran yang akan diujikan pada UNBK seperti Pendidikan Agama, PKn dan IPS.

UN singkatan dari Ujian Nasional. UN ini hanya menguji beberapa mata pelajaran tertentu seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Pelajaran Kejuruan untuk tingkat atas.

UNBK singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer. Ujian Nasional dimana siswa mengerjakan soal menggunakan komputer.

UNKP singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil adalah ujian nasional dimana siswa mengerjakan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK).

USBN singkatan dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional adalah evaluasi belajar terhadap pelajaran yang di luar UN dan US.

2 komentar:

  1. mau tanya, apakah jenis ujian itu semua dilaksanakan kepada siswa2 SMA? tahapannya yg mana dulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel di atas hanya membahas kepanjangan dari US, UN, UNBK, UNKP.
      Kalau pelaksanaan ujian untuk kelas IX dan XII secara berututan adalah UAS, US dan UN. UN dibagi menjadi dua jenis yakni UNBK dan UNKP. Setiap sekolah bebas memilih UN berbasis UNBK atau UNKP.

      Hapus

Copyright (c) 2010-2018. sekolahoke.com