7 Trik Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Indonesia sudah mulai menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) beberapa tahun ini. Sehingga siswa mau tidak mau harus bisa mengerjakannya menggunakan komputer yang selama ini mungkin asing baginya.

Bagaimana TRIK menghadapi UNBK tersebut? Inilah 7 trik yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi UNBK.

1. Persiapkan diri sebelum ujian.

Persiapannya seperti biasa. Belajar dengan rajin dan tekun. Gunakan waktu sebaik-baiknya. Perbanyak berlatih soal-soal baik dari Bank Soal maupun lainnya.

2. Berlatih mengoperasikan komputer

Bagi kamu yang jarang sekali bersentuhan dengan komputer, sekarang saatnya berlatih. Berlatih memegangn mouse. Bagaimana caranya klik kanan yang benar. Bagaimana mengetik juga perlu dipelajari mengingat UNBK pasti akan berhadapan dengan kedua hal tersebut.

3. Mengerjakan latihan soal UNBK

Cobalah mengerjakan soal UNBK tahun sebelumnya. Soal-soal ini bisa didapatkan dari guru, tempat kursus, atau dari internet. Mengerjakan soal UNBK ini penting untuk mengetahui seperti apa tampilan dan menu UNBK.

4. Berlatih mencari kata kunci

Ujian komputer berbeda dengan ujian berbasis kertas. Pada ujian komputer mata akan melihat layar. Terlalu lama melihat layar akan membuat mata lelah. Maka dari itu berlatih mencari kata kunci dari soal yang panjang utamanya Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan berlatih mencari kata kunci niscaya jawaban akan ditemukan.

5. Tetap berlatih menghitung manual

Walaupun ujiannya berbasis komputer bukan berarti kamu akan menghitung menggunakan alat elektronik atau komputer. Pada ujian Matematika dan IPA yang membutuhkan perhitungan, kamu akan mendapatkan kertas buram untuk menghitung secara manual.

6. Berlatih mengerjakan soal dengan cepat

Sama seperti mengerjakan soal berbasis kertas, ujian berbasis komputer juga terdapat waktu otomatis setiap kamu masuk ke aplikasi UNBK. Yang membuat berbeda adalah kamu tidak mendapat ekstra time seperti saat ujian berbasis kertas. Begitu waktu habis, aplikasi akan menutup dengan sendirinya. Seandainya kamu kehabisan waktu, maka kamu tidak bisa mengulangi lagi.

7. Berlatih tidak minta bantuan

Trik yang ini tentu untuk yang masih suka tolah toleh waktu ujian. Lirik kiri dan kanan mencari bantuan. Soal-soal tiap peserta ujian akan otomatis teracak oleh sistem dalam komputer. Maka tiap orang memiliki soalnya sendiri-sendiri. Maka jangan sampai kamu pake kode A, B, C, atau D dengan teman kamu. Niscaya hasilnya jauh dari harapan.

Demikianlah trik menghadapi UNBK. Semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com