Contoh Pidato Hari Kartini

Hari Kartini adalah hari spesial yang jatuh setiap tanggal 21 April. Hari Kartini diperingati untuk mengenang tokoh pejuang perempuan Indonesia bernama R.A. Kartini.

Hari Kartini pada umumnya dirayakan dengan menyelenggarakan upacara, sarasehan, seminar, dan juga fashion show.

Berikut ini adalah contoh Pidato Hari Kartini yang bisa digunakan sebagai bahan untuk pidato sambutan Hari Kartini.

Assalamu alaikum wr. wb.

Setiap 21 April bangsa Indonesia selalu memperingati hari bersejarah lahirnya Raden Ajeng Kartini, seorang wanita yang memperjuangkan harkat dan martabat kaum wanita supaya mempunyai hak yang sama dengan para pria.

Karena perjuangannyalah akhirnya para wanita bisa setara dan bahkan bisa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan para pria.

Padahal sebelumnya, wanita hanyalah penghias rumah. Wanita hanya berputar di rumah. Mengurusi rumah tangga. Tidak boleh keluar rumah. Dianggap kaum lemah dan tidak bisa mengerjakan tugas laki-laki.

Pada waktu itu jaman penjajahan Belanda, Raden Ajeng Kartini berjuang dengan mengirimkan surat-suratnya kepada para nonik Belanda. Hingga akhirnya ia mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang tak pernah dimiliki oleh kaum wanita masa itu.

Raden Ajeng Kartini berhasil menjadi pelopor kebangkitan kaum wanita yang saat ini dikenal dengan emansipasi wanita.

Emansipasi wanita memberi hak kepada wanita untuk hidup setara dengan para pria dalam berbagai bidang, namun tentunya tidak melupakan kodratnya sebagai wanita.

Semoga dengan memperingati hari lahirnya semakin menambah kualitas kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi persamaan hak dan kewajiban utamanya bagi kaum wanita.

Sekian

Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com