Cara Mengerjakan Soal Bahasa Inggris Kalimat Acak/Rumpang

Dalam ujian Bahasa Inggris, baik ujian semester maupun ujian nasional, ada beberapa soal berbentuk kalimat acak atau rumpang.

Dengan soal ini siswa diuji sejauh mana kemampuan mengidentifikasi struktur kalimat Bahasa Inggris dengan bermacam pola.

Bagaimana cara mudah mengerjakan soal kalimat acak tersebut?

Mengerjakan model soal seperti ini tentu membutuhkan proses yang tidak sebentar. Kita harus tahu ragam kalimat Bahasa Inggris itu seperti apa.

Cara pertama, mengetahui Subjek, Verb, Objek dan Keterangan.

Ini adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki. Pola kalimat pada umumnya menggunakan pola SPOK. Dengan mengetahui ini maka kita bisa merangkai kalimat menjadi benar.

Cara kedua, mengetahui kalimat majemuk.

Kalimat majemuk adalah kata yang memiliki lebih dari satu subjek dan verb. Biasanya ada kata penghubung seperti and, but, so, dan sebagainya.

Jika menemukan kalimat acak seperti ini maka pilihlah jawaban yang masuk akal ketika dirangkai. Ketika kalimat menjadi janggal, maka pasti kalimat itu salah.

Cara ketiga, mengetahui kata kerja bantu.

Kata kerja bantu dalam Bahasa Inggris antara lain is, am, are, have, has, was, were, had, don't, doesn't, didn't. Pelajari cara meletakkan kata-kata ini di kolom Grammar Sekolahoke.com

Cara keempat, mengetahui struktur kalimat perintah.

Kalimat perintah tidak menggunakan subjek. Jika ada soal tidak ada subjek, maka kalimat itu pastilah kalimat perintah.

Kalimat perintah diawali dengan kata kerja (verb). Contoh: Pass me a ruler. Give me your book. Open the door!

Kalimat perintah juga kadang diawali dan diakhiri dengan kata please. Contoh: Please come to my house! Put off your shoes please!

Cara keempat, mengetahui tempat modals

Modals dalam Bahasa Inggris antara lain can, could, will, shall, would, should, may, might, must, terletak setelah subjek untuk kalimat positif. Contoh: I can swim very well. Pada kalimat tanya terletak setelah kata tanya. Contoh: What can I do for you?

Demikian penjelasan singkat tentang cara mengerjakan soal Bahasa Inggris kalimat acak/rumpang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com