Selasa, 29 Desember 2015

Cerita Liburan ke Gunung dalam Bahasa Inggris dan Artinya

| Selasa, 29 Desember 2015
Liburan ke gunung adalah favorit saya waktu masih SMA. Tiap liburan saya selalu menghabiskan waktu dengan mendaki gunung.

Cerita ini saya tulis dalam dua versi, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Mengapa ditulis dalam dua versi? Karena ada permintaan dari pengunjung sekolahoke.com.

Begini ceritanya versi Bahasa Indonesia...

Liburan ke Gunung

Sekitar bulan Maret tahun 1998, saya dan teman-teman melakukan perjalanan mendaki gunung Putri di Bondowoso. Tujuan kami adalah Pantai Pasir Putih Situbondo.

Mengapa kejadiannya bulan Maret, bukan akhir tahun atau saat liburan kenaikan kelas. Dulu sebelum tahun 2000-an, sekolah masih menggunakan sistem Cawu (Catur Wulan). Jadi setiap 4 bulan ada ujian dan libur selama seminggu. Bulan Maret adalah libur Cawu kedua.

Sabtu pagi teman-teman sudah berkumpul di rumahku. Ada sekitar 12 anak termasuk aku. Kami adalah teman sepermainan dan juga teman sekolah.

Setelah memeriksa kelengkapan, kami berangkat sekitar jam 5 pagi. Suasana masih segar dan matahari belum panas.

Perjalanan melewati jalan berliku melewati sungai Wonosari menuju Taman Krocok. Setelah itu melintasi tebing sungai, persawahan dan ladang. Indah sekali.

Lewat tengah hari akhirnya kami tiba di Desa Wonoboyo. Hujan turun membuat kami harus berteduh di sebuah surau tidak terpakai.

Sekitar jam 3 sore kami melanjutkan perjalanan. Kami melangkah hanya mengikuti insting saja. Tidak ada peta, apalagi google map hehee... belum jamannya.

Hari sudah gelap saat kami masuk sebuah hutan. Atas kesepakatan bersama, kami berhenti dan mendirikan tenda.

Walaupun capek kami tidak boleh lengah. Tempat itu tidak kami kenal sama sekali sehingga teman-teman piket jaga bergantian.

Keesokan paginya kami melanjutkan perjalanan ke Pasir Putih Situbondo. Ternyata masih panjang perjalanan kesana. Sore menjelang kami baru mencapai pantai.

Begini ceritanya versi Bahasa Inggris ...

Trip to Mountain

Around March 1998, my friends and I had a trip to Putri mountain in Bondowoso. The mountain wasn't high but a bit long. The purpose was Pasir Putih Beach in Situbondo.

Why did it happen in March, not the end of the year or during the semester break. Before the 2000s, the school still used Cawu (Catur Wulan) system. So there were exams every four months and school off for a week. March was the second Cawu holiday.

Saturday morning my friends had gathered at my house. There are about 12 children, including me. We were playmates and schoolmates.

After checking tools and equipments, we left around 5 am. The atmosphere was still fresh and the sun was not hot.

The journey passed through the winding roads to Taman Krocok Wonosari, and then across the river. The long jurney crossed the valley and hills, rice field and farms. Those were very beautiful.

In the afternoon we finally arrived at Wonoboyo, a small village near Putri Mountain. It was raining so we had to take shelter in an unused mosque.

Around 3 pm we continued the journey. We walked only on instinct. There wasn't a map, moreover google map...

It was dark when we entered a forest. We decided to stop and set up a camp.

Although tired we should not be complacent. We didn't know the place at all so friends made picket duty alternately.

The next morning we went on a trip to Pasir Putih Situbondo. But It was still a long long Journey journey. In the afternoon we had just reached the shore.

Demikian cerita saya tentang liburan ke gunung menggunakan Bahasa Inggris dan artinya dalam Bahasa Indonesia.