Rabu, 18 November 2015

Pengalaman Mengikuti UKG Online

| Rabu, 18 November 2015
Hari ini saya mengikuti UKG Online. Tempat uji kompetensinya di SD Muhammadiyah 1 Jember. Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Diknas Jember.

Bagaimana gambaran ujian yang saya ikuti?

Saya tiba di tempat ujian 15 menit sebelum waktu ujian dimulai. Ujian sesuai jadwal adalah jam 11.00 - 13.30.

Ketika tiba di tempat ujian, hampir seluruh tempat duduk telah terisi. Pengawas sedang memberikan petunjuk teknis pelaksanaan ujian kepada peserta yang sudah hadir.

Saya langsung mendaftar ulang kepada bagian pendaftaran dengan hanya menyebutkan nama. Di daftar hadir sudah ada daftar nama dan nomer verifikasi. Petugas meminta saya membubuhkan tanda tangan kemudian menyodorkan kartu berisi identitas saya serta nomor ID dan verifikasi.

Saya duduk di komputer bagian depan dan mulai memasukkan nomor ID dan nomor verifikasi. Begitu login akan muncul pilihan untuk memulai ujian atau latihan.

Petugas meminta saya mencoba menu latihan dulu. Sayapun mencoba berlatih dengan klik klik saja jawaban yang tertera.

Setelah selesai berlatih, saya mulai melaksanakan ujian dengan melakukan login nomor ID dan verifikasi lagi.

Setelah masuk saya mendapat dua pilihan UJI KOMPETENSI BAHASA INGGRIS dan SURVEY PENDIDIKAN.

Saya klik UJI KOMPETENSI BAHASA INGGRIS sehingga terbukalah soal-soal. Sebanyak 60 soal dengan waktu hitung mundur 120 menit. Wah lama sekali.

Soal demi soal saya jawab. Ternyata isi soal langsung bercampur antara kemampuan pedagogis dan kemampuan bidan keilmuan.

Sejam kemudian saya sudah menyelesaikan semua soal. Saya klik gambar tangan di pojok kanan atas yang kemudian memunculkan hasil. Hasil saya adalah Pedagogis Benar = 12 Salah = 6. Bidang Bahasa Inggris Benar = 36 Salah 6.

Selesai melaksanakan ujian keilmuan, saya melakukan login ulang untuk menjawab pertanyaan survey. Karena hanya survey maka tidak ada nilai akhir.

Sebelum waktu pengerjaan soal habis saya sudah selesai. Pengawas memperbolehkan saya meninggalkan ruang ujian.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar