Cara Membuat Indikator dari Kompetensi Dasar

Bagaimana caranya membuat Indikator dari Kompetensi Dasar (KD)?

Indikator adalah uraian dari Kompetensi Dasar yang tercantum di Silabus. Indikator bisa dikatakan adalah elaborasi dari Kompetensi Dasar.

Untuk membuat Indikator simak caranya berikut ini:

Langkah pertama
Tuliskan Kompetensi Dasar. Misalnya KD 3.1. Bidang studi Bahasa Inggris yang berbunyi: "Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih dan permintaan maaf dan responnya sesuai konteks penggunaannya.

Perhatikan dalam Kompetensi Dasar tersebut ada 3 kata kunci: memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasan.

Maka dari kata kunci tersebut akan ada 3 indikator untuk bisa mencapai kompetensi dasar tersebut. Tiga kata kunci  tersebut kemudian diurai untuk menjadi indikator. Simak uraiannya di langkah kedua berikut ini.

Langkah kedua
Elaborasi KD tersebut menjadi 3 indikator. Hasilnya adalah:
3.1.1. Mengidentifikasi fungsi sosial pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih dan permintaan maaf dan responnya.
3.1.2. Mengidentifikasi struktur teks pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih dan permintaan maaf dan responnya.
3.1.3.  Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih dan permintaan maaf dan responnya.

4 komentar:

  1. Terimakasih. Penjelasan yang sangat jelas, tidak berbelit-berbelit. Berulang kali guru di seluruh Indonesia mengikuti MGMP, tapi fasilitator belum bisa menyampaikan materi dan penjelasan agar mudah dipahami oleh peserta/guru. Saya yakin umumnya guru di seluruh Indonesia belum bisa menarik indikator dari sebuah KD. Orang pandai banyak, tapi cara penyampaiannya ada yang sulit dimengerti dan ada yang mudah sekali dimengerti. Jempol untuk anda.

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah berkunjung dan menanggapi.

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com