Masalah Apa Yang Dihadapi Mahasiswa PPL di Sekolah?

Setiap memasuki semester akhir, mahasiswa FKIP akan menghadapi mata kuliah PPL (Praktek Pengalaman Lapangan). Mereka akan diterjunkan ke sekolah untuk mendapatkan pengalaman menjadi guru.

Apa saja masalah yang biasanya ditemui di sekolah tempat mengajar?

Persiapan mengajar

Sejauh pengamatan saya menjadi guru pamong selama hampir 10 tahun, saya menemui banyak mahasiswa yang dilanda stress saat mempersiapkan diri untuk melakukan proses pembelajaran. Bahkan ada yang mengaku tidak bisa tidur memikirkan RPP.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan melakukan observasi guru bidang studi. Berbicaralah dengan guru pamong dan mintalah beberapa pertemuan untuk melakukan observasi. Observasi ini berguna untuk memetakan kondisi kelas dan langkah menghadapinya. Jangan takut untuk bertanya mendetil kepada guru pamong.

Merasa sungkan dipanggil bapak dan ibu guru

Panggilan pak dan bu terkesan terlalu tua bagi peserta PPL. Mereka lebih suka dipanggil kakak oleh siswa di kelas karena ego masa muda.

Solusinya biasakan memanggil pak guru dan ibu guru kepada sesama teman guru praktek sehingga tidak akan menjadi canggung. Seiring waktu berjalan, panggilan ini akan menjadi hal biasa.

Berhadapan dengan trouble maker di kelas

Tidak dipungkiri dari sekian siswa di kelas pasti ada trouble maker. Trouble maker ini bisa bermacam-macam. Ada yang suka bikin gaduh, malas mengerjakan tugas, dan ada juga bolak balik ijin ke belakang.

Solusinya berdiskusilah dengan guru pamong. Tanyakan apa hal yang sebaiknya dilakukan menghadapi trouble maker. Kalau misalnya perlu pendampingan, mintalah guru pamong mendampingi walaupun dari luar kelas.

Selain minta bantun guru pamong, lakukanlah pendekatan personal dengan trouble maker. Sadarilah bahwa usia remaja adalah masa yang butuh perhatian. Mereka berbuat seperti itu karena ingin mendapat perhatian lebih. Dengan meluangkan waktu ekstra kepada mereka, niscaya anda akan berhasil menjadikannya anak baik paling tidak saat anda praktek.

1 komentar:

  1. Kalau sebelumnya sudah di siapkan maka dalam melaksanakan apapun lebih lebih ppl maka minim sudah mempunyai bekal

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com