Karakteristik Anak Kecil Yang Mempengaruhi Pembelajaran Bahasa

Kedewasaan melibatkan perubahan fisik, mental, dan emosional. Anak kecil, remaja, dan orang dewasa mempunyai karakteristik pembelajaran yang berbeda.

Dengan mengetahui perbedaan karakteristik itu, pendidik bisa menemukan formula yang tepat untuk menerapkan strategi pembelajaran di kelas.

Dalam postingan kali ini, sekolahoke.com akan berbagi karakteristik anak kecil yang bisa mempengaruhi pembelajaran bahasa. Simak berikut ini.

Butuh bergerak

Anak kecil suka bergerak. Mereka mempunyai energi yang harus disalurkan dengan gerakan fisik. Tentu saja pendidik harus bisa merancang kegiatan yang melibatkan gerakan fisik.

Konsentrasi pendek

Anak kecil mempunyai konsentrasi yang pendek. Mereka sulit untuk berkonsentrasi dalam waktu yang lama. 10 menit pertama bisa saja anak kecil masih berkonsentrasi. Menit berikutnya konsentrasi mereka sudah beralih ke hal lain.

Belajar melalui pengalaman

Anak kecil belajar dari pengalaman. Mereka bukan makhluk yang menyerap teori melalui ceramah. Pembelajaran lebih mudah dengan mereka mengalami sendiri.

Tidak bisa mengendalikan dan merencanakan sikap

Anak kecil tidak bisa mengendalikan dan merencanakan sikap. Mereka makhluk yang jujur. Ketika mereka capek mereka akan berhenti kegiatan. Ketika mereka semangat mereka akan terus melakukan kegiatan.

Tidak takut membuat kesalahan dan resiko

Anak kecil adalah peniru yang tidak takut membuat kesalahan. Mereka akan mengucapkan apa yang mereka tau tanpa takut salah.

Tidak perhatian pada diri dan tindakan diri mereka sendiri

Anak kecil tidak perhatian pada diri dan tindakan mereka sendiri. Mereka belajar dengan insting mereka sebagai anak kecil.

Perhatian pada arti dalam bahasa

Anak kecil lebih memperhatikan arti dalam bahasa. Maka pembelajaran grammar tidak akan pernah bisa diterima jika dipaksakan kepada anak kecil. Sebaiknya pembelajaran harus bermakna.

Mempunyai pengalaman hidup yang terbatas

Anak kecil tidak banyak pengalaman hidup. Mereka masih terbatas dengan lingkungan mereka yang masih kecil.

Demikian ciri-ciri istimewa yang dimiliki oleh anak kecil yang bisa mempengaruhi pembelajarn bahasa. Semoga bermanfaat.
Referensi: TKT Course - Mary Spratt et. al.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com