Mengapa Harus Ada Upacara Bendera?

Huh! Hari Senin nih. Upacara bendera lagi. Begitulah yang saya dengar. Para siswa menggerutu setiap Senin pagi. Harus berpanas-panas di bawah sinar matahari minimal setengah jam.

Tahukah kamu banyak nilai-nilai luhur yang terkandung dari pelaksanaan upacara bendera itu. Nilai-nilai luhur itu diantaranya saya sebutkan berikut ini:

Pelajaran disiplin

Di dalam pelaksanaan upacara bendera, para peserta upacara diajarkan bersikap sempurna. Taat aturan yang dibacakan oleh protokol. Disiplin ini tentu bisa menjadi latihan agar setiap harinya bisa berlaku tertib sesuai aturan yang berlaku di masyarakat.

Menunjukkan cinta tanah air

Setiap upacara bendera di kumandangkan lagu Indonesia Raya dan menghormat kepada bendera merah putih. Dalam lagu Indonesia Raya terangkai syair lagu yang membangkitkan gairah cinta tanah air dan rasa nasionalisme. Menghormat bendera berarti menunjukkan pengakuan bahwa bangsa Indonesia itu ada.

Mengenang jasa pahlawan

Pahlawan adalah orang yang berkorban jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia yang kita rasakan saat ini. Tanpa mereka tak akan ada rasa aman nyaman dan bebas seperti saat ini. Peserta upacara diminta hening sejenak setiap upacara untuk mengingat jasa-jasa mereka.

Mengenal hukum dasar dan tujuan negara

Sejarah adalah masa lalu. Tapi tanpa sejarah, kita tak pernah ada. Setiap upacara bendera dibacakan UUD 45 sebagai dasar hukum  tertulis Bangsa Indonesia. Di dalamnya terkandung tujuan bangsa Indonesia yang mulia.

Demikian sekelumit alasan mengapa harus ada upacara bendera setiap hari Senin. Dengan menghayatinya, saya yakin tidak ada keluh kesah lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com