Cara Mengajar Menyusun Kalimat Bahasa Inggris Dengan Permainan

Bapak dan Ibu guru pasti mengamini bahwa mengajar grammar butuh variasi teknik. Variasi ini akan membuat kegiatan pembelajaran tidak membosankan.

Teknik ini saya lakukan di kelas pemula. Peserta didik di level ini masih baru belajar Bahasa Inggris. Sehingga mereka butuh teknik yang menyenangkan agar bangkit gairah belajarnya.

Simak langkahnya berikut ini:
  1. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 hingga 4 orang.
  2. Sebutkan beberapa kata atau bisa ditulis di papan tulis. Gunakan kalimat present simple. Contoh: always - I - go to - every morning - school.
  3. Minta siswa berdiskusi dengan teman satu kelompok untuk menyusun kata acak tersebut menjadi kalimat yang benar sesuai kaidah Bahasa Inggris. Tentukan waktu mengerjakan sekitar 2 menit.
  4. Periksa seluruh kelompok. Tanpa menjustifikasi, tuliskan kalimat yang benar di papan tulis.
  5. Jelaskan dengan singkat dan jelas dimana letak kata tersebut dalam kalimat. Sebutkan mana yang subject, verb, object dan adverb. Tidak perlu bertele-tele.
  6. Beri soal kedua. Soal harus hampir mirip dengan soal pertama. Minta siswa menyelesaikan dalam waktu 2 menit.
  7. Periksa berkeliling tanpa menyebutkan mana yang benar dan mana yang salah. Gunakan sistem poin. Kelompok yang menjawab dengan benar mendapat satu poin,  yang jawabannya salah poin nol. Umumkan kelompok mana yang telah membuat kalimat yang benar setelah semua kelompok diperiksa.
  8. Lanjutkan soal ketiga, keempat, dan kelima dengan prosedur yang sama dengan di atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com