Cara Mencari Pokok Pikiran Paragraf Karangan

Mencari pokok pikiran sebuah karangan tidak begitu sulit. Caranya hanya dengan melihat kalimat pembuka dan penutup sebuah paragraf.

Pokok pikiran sebuah paragraf pada umumnya berada di depan dan di belakang. Dengan melihat kalimat pembuka dan penutup, pembaca akan tahu pokok pikiran paragraf tersebut.

Contoh paragraf:
Pada hari minggu ayah mengajak saya pergi ke toko buku. Toko buku yang kami tuju ada di pusat kota. Kami mengendarai sepeda motor kesana.

Kalimat yang bercetak tebal mengandung pokok pikiran dari paragraf tersebut. Pokok pikirannya adalah Ayah mengajak saya pergi ke toko buku

Kalimat selanjutnya dalam paragraf tersebut adalah kalimat pendukung pokok pikiran. Kalimat pendukung ini berfungsi memberi gambaran terperinci dari kalimat yang berisi pokok pikiran.

Pokok pikiran yang berada diawal paragraf dikenal dengan istilah paragraf deduktif. Paragraf deduktif mempunyai arti paragraf yang diawali dengan kalimat umum yang dikembangkan dengan satu atau lebih kalimat penjelasan.

Contoh paragraf:
Sebaiknya hindari menelepon sambil berkendara, melanggar rambu-rambu dan kebut-kebutan. Itulah hal-hal yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Kalimat yang bercetak tebal mengandung pokok pikiran paragraf tersebut. Pokok pikirannya adalah hal-hal yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Pokok pikiran dari paragraf tersebut berada di bagian akhir paragraf, makanya disebut sebagai paragraf induktif. Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat penjelasan dan diakhiri dengan kalimat umum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com