Cara Mengajar Speaking Teknik Demonstrasi

Speaking adalah skills mengungkapkan ide dalam pikiran. Ekspresi ungkapan tersebut berupa apa yang ada dalam pikiran sesuai dengan konteks pembicaraan.

Kemampuan speaking harus terus dilatih. Semakin sering dilatih maka kelancaran berbahasa Inggris semakin meningkat.

Seorang guru harus bisa menciptakan ruang mengungkapkan ide siswa. Maka dari itu, perlu banyak teknik mengajar di dalam kelas.

Salah satu teknik mengajar adalah demonstrasi. Teknik demonstrasi ini bermanfaat melatih kemampuan siswa dalam berbicara.

Dalam artikel ini, sekolahoke.com memberikan langkah mengajar speaking teknik demonstrasi. Teknik demonstrasi yang dipakai adalah dengan mengkondisikan siswa sebagai seorang reporter. Siswa bertugas melaporkan kejadian dalam bentuk berita singkat.

Langkah pembelajaran:
  1. Sediakan film pendek baik berupa potongan film umum atau bisa diambil dari media sosial seperti youtube. Sebaiknya film yang bertema kejahatan, kecelakaan, dan hal yang menarik lainnya.
  2. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok.
  3. Putar film pendek. Ulang dua kali.
  4. Minta siswa berdiskusi dengan teman kelompok untuk menyusun garis besar berita. Ajarkan mereka menggunakan pertanyaan 5W 1H untuk menjabarkan berita.
  5. Beri kesempatan perwakilan masing-masing kelompok untuk melaporkan kejadian. Terlebih dahulu ajarkan cara  membuka dan menutup berita.
Supaya lebih menarik, setting ruangan seperti studio berita. Salah seorang menjadi penyiar berita, satunya lagi menjadi reporter dari TKP.

8 komentar:

  1. terima kasih banyak atas teknik dan metode mengajarx. trus bagaimana metode mengajar writing, reading dan listening?

    BalasHapus
  2. saya sangat suka dengan metode2 anda. bisaka sy minta metode2 mengajar tentang writing, reading dan listening?

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah membaca dan berkomentar saudara Dolfinus Moktis.

    Metode teknik dan strategi 4 skills ada di kolom guru.

    Anda bisa langsung mengaksesnya.

    Salam.

    BalasHapus
  4. Teknik ini saya jadikan untuk bahan skripsi saya...
    dan Alhamdulillah di terima oleh dosen.
    saya mau bertanya, adakah referensi buku untuk teknik ini?
    mohon jawabannya.
    terimakasih..

    BalasHapus
  5. Saudari Sheenta, untuk buku yang membicarakan teknik mengajar bisa anda temukan di buku TEFL. Sayangnya saya tidak memakai buku-buku tersebut. Semua teknik disini adalah hasil dari workshop LAPIS ELTIS kerjasama Australia dan Indonesia yang saya praktekkan di kelas dengan pengembangan dan disesuaikan dengan murid saya sendiri. Jadi untuk referensi saya tidak bisa memberi gambaran.

    BalasHapus
  6. yang saya masudkan itu buku atau jurnal yang memakai news reporting ini sebagai media pengajaran. atau mungkin jika ada saya bisa minta hasil workshopnya tidak pak? hehehe...
    saya tidak bisa menemuan referensi teori yang mendasari "news reporting" ini sebagai sebuah media in teaching speaking. saya mencoba kepo di google dan sepertinya belum ada yang memakai media ini untuk penelitian. jadi saya agak kesulitan menemukan landasan teori dari media ini...

    BalasHapus
  7. Untuk buku teori saya tidak punya mbak yussintha. Kalau materi ada dari Eltis dalam bentuk hardcopy. Silahkan mampir ke Jember untuk fotokopi. alamat dan kontak saya bisa dilihat di kolom TENTANG KAMI

    BalasHapus
  8. silahkan kontak saya biar lebih detil mengerti apa yg mbak yushinta butuhkan. Kalau bisa akan saya bantu.

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com