Liberty Reserve Ditutup

Kejadian yang menggoncang jagat bisnis online tahun 2013 ini adalah ditutupnya pembayaran online Liberty Reserve (LR).

Liberty Reserve adalah e-payment yang telah berdiri sejak tahun 2002. Setelah bertahun-tahun menjadi perusahaan pembayaran online yang sangat populer, akhirnya tanggal 25 Mei 2013, LR resmi ditutup.

Mengapa LR ditutup? Menurut kabar melalui beberapa portal terpercaya, LR ditutup karena pemiliknya, Arthur Budovsky Belanchuk, dituduh telah melakukan praktek pencucian uang (money laundry) melalui perusahaan LR ini.

Seperti diketahui, LR menerapkan kebijakan yang sangat longgar dengan lalu lintas uang yang keluar masuk. Mereka tidak terlalu memusingkan dari mana dan mau kemana uang tersebut.

Pada akhirnya, banyak orang yang memanfaatkannya untuk menghilangkan jejak uang hasil kejahatan seperti penipuan, pembayaran prostitusi online, pornografi di bawah umur hingga perdagangan orang.

Atas tuduhan inilah, bos LR ditangkap kepolisian Amerika Serikat bekerjasama dengan kepolisian Kosta Rika dimana LR berdiri. 

Setelah menangkap Arthur, perusahaan Liberty Reserve dibekukan. Seluruh aktifitas transaksi keuangan LR ditiadakan.

Bagaimana nasib uang para netter yang masih "ngendon" di akun LR? Hingga saat ini belum ada kejelasan. Kemungkinan hangus tak bersisa.

2 komentar:

  1. ini beneran ya om??
    wah kacau juga nih kalo begini

    BalasHapus
  2. Waduh kemana aje ente brother. Nih udah 2 bulan yang lalu kejadiannya. Kalau sekarang masih ada uang di LR, ya udah angus mas bro.

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com