Program Mendikbud M. Nuh Yang Aneh dan Menuai Masalah

Ada beberapa program Mendikbud yang aneh selama masa kerjanya tahun 2009 - 2014. Program ini disinyalir tidak dipersiapkan dengan matang dan terburu-buru.

Uji Kompetensi Guru Online

Memasuki akhir tahun 2012, M. Nuh membuat program uji kompetensi bagi guru yang sudah lolos sertifikasi. Menurutnya, program ini adalah untuk memetakan kemampuan guru se-Indonesia.

Sayangnya, uji kompetensi tersebut menemui kegagalan. Kegagalan terutama pada sisi teknis. Situs yang digunakan untuk melakukan uji kompetensi mengalami down dan sulit diakses.

Program ini terkesan aneh karena hanya sosialisasi tak lebih dari 1 minggu kemudian langsung dilaksanakan. Tak seperti layaknya pengujian alat tes pada umumnya, uji kompetensi ini tidak menggunakan uji realibilitas dan validitas terlebih dahulu.

Kurikulum 2013

Masih di akhir tahun 2012, M. Nuh menjadi perbincangan lagi dengan sosialisasi kurikulum 2013. Kurikulum ini akan menggantikan KTSP yang dianggap gagal memenuhi ekspektasi pendidikan.

Anehnya program ini baru didengungkan bulan November 2012 yang langsung diadakan uji publik dalam kurun waktu sangat singkat yakni 1 bulan.

Hingga akhirnya Februari 2013, diputuskan bahwasannya pada tahun pelajaran 2013-2014 akan diberlakukan kurikulum baru.

Keputusan ini menuai masalah. Banyak kalangan pendidikan, program Nuh tergesa-gesa dan tak terencana. Mendikbud dianggap hanya membuat program agar dirinya dikenal sebagai menteri pelopor perubahan di akhir masa jabatannya.

2 komentar:

  1. apa yang bisa diharapkan dati seorang pemilik kebijakan,jika ia tak mengerti..sesungguhnya apa yang diperlukan oleh negaranya.pendidikan adalh program tanpa akhir untuk membentuk manusia yang seutuhnya,bukan hanya perencanaan teoritis dan kalkulasi penilaian secara matematika

    BalasHapus
  2. Jabatannya akan berakhir tahun depan. Supaya dilihat ada kerjanya selama menjadi menteri, maka dibuatlah sebuah program yang bombastis.
    Kemungkinan, Kurikulum 2013 ini akan mirip dengan KBK tahun 2004. Tahun 2006 tiba-tiba dirubah menjadi KTSP.

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com