Apakah Siswa SD Perlu Diajarkan Grammar Bahasa Inggris?

Sebaiknya siswa SD tidak perlu pembelajaran grammar Bahasa Inggris. Terlalu dini bagi mereka mengenal konsep bahasa. Mengapa demikian?

Menurut para ahli bahasa dan psikologi, young learner masih dalam tahap mengenal benda konkrit di sekitar mereka.

Belajar grammar adalah mempelajari sesuatu yang abstrak. Sesuatu yang tak nampak. Maka ini jelas sangat membingungkan bagi anak-anak.

Bagi orang dewasa terlihat mudah mempelajari grammar Bahasa Inggris. Hanya mengutak-atik kalimat serta melakukan analisis untuk mengetahui maknanya.

Namun, anak-anak tidak begitu. Mereka mempunyai dunia sendiri. Dunia mereka adalah dunia untuk mengenal apa ini dan apa itu. Dunia mereka masih penuh eksplorasi. Bukan pembelajaran rumit yang abstrak.

Pembelajaran anak-anak SD sebaiknya difokuskan kepada pengayaan kosakata dan penggunaan ekspresi Bahasa Inggris. 

Penguasaan kosakata lebih mirip dengan cara mereka belajar Bahasa ibu. Mereka belajar mengenal lingkungan terdekat terlebih dahulu. Tentu saja harus menyenangkan. Sama seperti ibu mengajari anak mereka. Ibu mengajari anak dengan riang dan menyenangkan.

Penggunaan ekspresi juga bagus diterapkan untuk anak usia dini. Contohnya ekspresi mengungkapkan suka dan tidak suka, ucapan salam, meminta bantuan dan mengajak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com