Apa Yang Dimaksud Dengan StoryTelling?

Storytelling adalah sebuah teknik menyampaikan sebuah cerita dengan cara mendongeng. Storytelling menggunakan kemampuan penyaji untuk menyampaikan sebuah cerita dengan gaya, intonasi, dan alat bantu yang menarik minat pendengar.

Teknik Storytelling ini sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada level pemula atau anak-anak. Teknik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengar secara menyenangkan.

Namun, tidak semua orang bisa melakukan teknik ini. Orang yang bermaksud menggunakan teknik Storytelling harus mempunyai kemampuan public speaking yang baik, memahami karakter pendengar, meniru suara-suara, pintar mengatur nada dan intonasi serta keterampilan memakai alat bantu.

Dikatakan berhasil menggunakan teknik storytelling, jika pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh.

4 komentar:

  1. artikel ini yang nulis siapa ya namanya??

    BalasHapus
  2. Storytelling memang sering digunakan untuk tujuan edukasi, khususnya untuk pembelajaran anak-anak. Tapi, usia seprti saya pun rasanya lebih mudah menangkap materi dengan metode seperti ini. Seperti yang admin katakan, "public speaking" akan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan metode ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul maz. public speaking memegang peranan utama.

      Hapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com