Rabu, 13 Februari 2013

Permainan Bahasa Inggris Tebak Benda Yang Dimiliki

Permainan dalam Bahasa Inggris berguna untuk mengurangi stress dalam belajar. Permainan ini bisa menjadi ice breaker di dalam kelas.

Kali ini sekolahoke.com memperkenalkan permainan Bahasa Inggris tebak benda yang dimiliki. Permainan ini diadopsi dari permainan anak-anak pada umumnya.

Persiapan alat:
  • Sediakan satu atau dua kertas folio atau buffalo.
  • Potonglah menjadi 20 kartu dengan ukuran persegi panjang sama besar.
  • Tulislah satu kategori dan nama benda di atas masing-masing kartu. Satu kartu satu benda. Misalnya: Kategori SCHOOL EQUIPMENT. Bendanya: ERASER. Perhatikan contoh di bawah.
  • Setiap kategori harus ada 4 benda yang tidak sama.
  • 20 Kartu diperuntukkan bagi 1 kelompok terdiri dari 4 pemain. Kalau ada 40 siswa, berarti ada 10 kelompok. Maka, harus disediakan 10 tumpuk kartu yang masing-masing berisi 20 kartu.


Prosedur permainan:
  1. Bagi siswa menjadi berkelompok. 1 kelompok terdiri 4 orang. Boleh kurang. Tidak boleh lebih.
  2. Letakkan kartu di tengah. Mintalah salah satu anggota kelompok mengocok kartu seperti dalam permainan kartu remi atau domino.
  3. Masing-masing siswa diberi 1 kartu.
  4. Tumpukan kartu diletakkan di bagian tengah siswa yang bermain.
  5. Siswa A memulai permainan. Dia menyebutkan judul kategori di kartu yang ia pegang. Jika ia memegang kartu dengan kategori SCHOOL EQUIPMENT, maka ia menanyakan kepada siswa B di kelompoknya: Do you have school equipment?. Siswa B harus menjawab: Yes, I do. Kalau ia memegang kartu dengan kategori SCHOOL EQUIPMENT atau No, I don't, jika ia tidak memegang kartu kategori tersebut. Jika siswa B menjawab Yes, I do, maka siswa A harus menebak nama benda di bawah kategori tersebut. Jika siswa B menjawab No, I don't, maka siswa A harus menanyakan pada siswa C dan D. 
  6. Permainan dilanjutkan dengan siswa B menebak kartu yang dipegang siswa A, C, dan D. Terus berputar sampai kartu habis.
  7. Setiap siswa yang berhasil menebak nama benda di bawah kategori, ia berhak mengambil kartu tersebut. Jika terkumpul 4 kartu dengan kategori serupa, maka kartu-kartu tersebut harus diletakkan di bawah.
  8. Selesai bertanya kepada seluruh siswa dalam kelompok, siswa harus mengambil 1 kartu paling atas yang ada di tumpukan.
  9. Jika kartu di tumpukan sudah habis, siswa melanjutkan permainan sampai semua kartu berhasil ditebak.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar