Jumat, 11 Januari 2013

Apakah Orang Dewasa Suka Permainan dalam Pelajaran Bahasa Inggris?

Jangan dikira orang yang sudah dewasa tidak suka bermain sambil belajar. Mereka malah sangat antusias mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris dengan teknik game.

Saya mengatakan ini berdasarkan pengalaman beberapa waktu yang lalu ketika mengikuti pelatihan guru Bahasa Inggris oleh ELTIS Surabaya kerjasama dengan IALF Australia.

Guru-guru terlihat sumringah ketika tutor menyajikan permainan Bahasa Inggris. Selain antusias karena memacu adrenalin sehingga tidak ngantuk, para guru Bahasa Inggris ini juga tertarik karena ingin menerapkannya di kelas sendiri.

Beberapa permainan sudah tidak asing dalam dunia belajar mengajar Bahasa Inggris, seperti scramble words, guessing game, hang man dan tic tac toe.

Namun ada juga yang masih baru seperti football match game, stand up and move, exploring place, bingo game, dan memory game (daftar game ini dan cara memainkannya bisa disimak di kolom guru sekolahoke.com)

Bagi anda yang mengajar orang dewasa di tempat kursus atau tempat kuliah, jangan ditakut dikatakan pelajaran anda seperti mengajar anak-anak. Orang dewasa juga butuh permainan. Syaratnya:
  • Permaianan tidak terlalu mudah dan tak terlalu sulit. Jika terlalu mudah, orang dewasa tidak tertantang. Jika terlalu sulit, akan membuat jenuh dan menghilangkan semangat.
  • Permainan harus disesuaikan dengan topik pembelajaran.
  • Sebaiknya ada manfaat yang bisa dipetik dari permainan, misalnya latihan kerjasama, melatih kepekaan, ketangkasan dan kecermatan dan lain-lain.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar