Cara Mengambil Sebagian Gambar di Layar Monitor

Dalam dunia menulis, gambar banyak manfaatnya. Kita memerlukan gambar sebagai ilustrasi dalam sebuah tulisan. Gambar juga diperlukan untuk memperjelas maksud tulisan. Contoh gampangnya tulisan tutorial atau tips-tips. Tulisan tersebut memerlukan gambar agar pembaca paham maksud si penulis.

Bagaimana cara mengambil sebagian gambar di layar monitor (screenshot)? Saya akan memberikan dua trik yang sudah umum dipakai orang. Pertama menggunakan tombol Print Screen di keyboard. Kedua menggunakan software snipping tools (bawaan windows).

Mengambil gambar menggunakan tombol Print Screen

Caranya dengan membuka halaman yang akan kita ambil gambarnya. Kemudian tekan Prt Sc di keyboard satu kali. Setelah itu paste di Ms. Word, atau Photoshop, atau bisa juga di Power Point. Setelah di paste, maka kita bisa mengedit dengan menggunakan crop yang tersedia di software office.

Mengambil gambar menggunakan Snipping tools

Snipping tools adalah alat pengambil gambar yang ada di windows 7. Dengan alat ini kita bisa mengambil gambar di layar monitor. Caranya, kita tinggal buka halaman yang ingin diambil gambarnya. Klik Snipping Tools. Lalu drag sebesar yang kita inginkan. Lalu simpan.

Selain bisa memilih daerah mana yang akan diambil gambarnya, snipping tools langsung merubah screenshot menjadi format gambar seperti JPEG maupun GIF. Ini memudahkan kita yang ingin membuat ilustrasi gambar tanpa download di internet. Kita bisa juga menambahkan coretan-coretan dengan macam warna dan alat di snipping tools ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com