Jumat, 23 November 2012

Media Pembelajaran Teks Procedure

Dalam mengajar teks procedure kita bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Media untuk pembelajaran itu biasanya video, gambar, rekaman mp3 dan benda nyata.

Menggunakan video bermanfaat untuk membuat pembelajaran menjadi menarik. Karena audio visual lebih menambah minat belajar daripada manual tanpa alat. Video pembelajaran untuk teks procedure bisa disimak dalam postingan ini: cara mengambil uang dari mesin ATM dalam Bahasa Inggris.

Kita bisa juga menggunakan gambar sebagai media. Banyak gambar yang bisa dicari melalui mesin pencari google. Di sekolahoke.com ada banyak teks prosedur menggunakan gambar seperti dalam postingan ini: Cara Membuat Kopi dalam Bahasa Inggris.

Untuk listening comprehension kita bisa menggunakan rekaman mp3. Caranya adalah dengan memperdengarkan teks lisan kemudian siswa menulis bahan makanan atau minuman yang didengar. Atau menjodohkan langkah membuat sesuatu dari apa yang didengar.

Nah, yang terakhir adalah menggunakan media nyata. Ini sangat menarik dan menantang. Kalau yang ini mungkin sangat efektif namun tidak bisa diterapkan setiap pertemuan pelajaran Bahasa Inggris. Berikan siswa selembar resep memasak makanan atau minuman dalam Bahasa Inggris dan beri mereka waktu untuk membuatnya.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar