Bedanya Blog Gratis dan Berbayar

Blog adalah situs yang berisi informasi berupa teks yang diterbitkan melalui media internet. Selain berupa teks, blog juga memuat gambar dan video di dalamnya.

Ada dua jenis blog yakni blog gratisan dan blog berbayar. Blog gratisan maksudnya untuk menggunakannya kita tak perlu keluar uang sepeserpun, kecuali untuk biaya internetan. Blog berbayar artinya kamu harus membayar untuk menampilkan hasil karyamu.

Blog gratis bisa kamu dapatkan dari penyedia layanan di internet. Contoh penyedia layanan blog gratis adalah blogger.com. Kamu bisa mendaftar ke blogger.com untuk mempunyai blog gratis. Ada lagi penyedia blog gratis bernama wordpress.com. Disitu kamu bisa menulis dengan gratis tanpa bayar.

Blog berbayar bisa kamu dapat dari penyedia hosting dan domain berbayar. Hosting adalah tempat penyimpanan data tulisan, video dan gambar kamu. Domain adalah nama blog kamu. Contoh penyedia blog berbayar adalah idwebhost.com, godaddy.com, dan istanahosting.com.

Bagaimana cara membedakan blog gratis atau berbayar? 

Untuk mengetahui blog gratis, kita bisa melihat dari alamat blognya. Jika di belakang ada embel-embel blogspot atau wordpress maka blog itu adalah blog gratisan. Bisa juga berakhiran .co.cc, .tk. Kedua akhiran ini adalah penyedia subdomain gratis yang bisa menghilangkan kata wordpress dan blogspot di blog kamu.

Blog berbayar bisa diidentifikasi dari akhiran seperti .com, .net, .org, .go.id, .co.id. Ini disebut TLD (Top Level Domain). Contoh blog berbayar seperti sekolahoke.com ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com