Apa yang Dimaksud Spam?


Apa yang dimaksud dengan spam? Spam adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan sesuatu yang tidak diharapkan atau bisa dikatakan sampah dan manfaatnya tak ada.

Dalam bidang teknologi spam biasanya dikaitkan dengan email yang berisi iklan atau pemberitahuan yang tak pernah diminta oleh yang punya email. Misalnya tiba-tiba di email muncul informasi tentang cara menaikkan traffic blog. Padahal kita tak tak pernah merasa submit apapun ke layanan tersebut.

Spam yang dulunya hanya berhubungan dengan email, kali ini juga merambah ranah teknologi lainnya. Seperti pesan iklan ke HP, pesan berantai dan broadcast di BBM yang ternyata hoax semata.

Bagaimana dengan tautan yang kita kirim ke Facebook? Bisa jadi itu menjadi spam bagi teman kita yang tidak merasa itu menjadi manfaat baginya. Misalnya kita memasang link tentang Cara Mendapat Dollar dari Internet. Beberapa menit kemudian muncul lagi link baru dari kita. Sehingga teman yang melihat merasa banyak sampah yang bersileweran di dinding Facebooknya. 

Apakah semua spam tidak bermanfaat? Sampah walau bagaimanapun masih bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos. Tapi spam teknologi tergantung orang yang menerimanya. Kalau menurutnya itu ada manfaatnya, pastilah spam tadi tak akan mengganggu. Misalnya secara tak sengaja ia membaca iklan tentang gadget masuk ke dalam emailnya. Ia tertarik dan membelinya. Karena ia pernah memimpikan gadget tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com