Minggu, 25 November 2012

Cara Mengajar Bahasa Inggris Teknik Permainan Scramble Words

Scramble words artinya kata acak. Apa yang diacak? Bisa kalimat yang diacak atau kata yang diacak. Siswa diminta membetulkan kalimat atau kata acak tersebut.

Acak kata bermanfaat untuk mereview vocabulary atau grammar yang pernah dipelajari siswa. Dengan demikian, siswa bisa mempertajam daya ingat dan menerapkan apa yang dipelajari dengan cara yang menyenangkan dan menantang.

Bagaimana cara mengajar Bahasa Inggris dengan teknik permainan acak kata (scramble words) tersebut? Simak langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Persiapkan kata/kalimat yang sudah dipelajari siswa. Acaklah dengan cara manual atau dengan bantuan software seperti Teachers' Pet. Persiapan dilakukan sebelum pelajaran dimulai. Bisa dengan menggunakan selembar kertas atau kertas dipotong-potong.
  2. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok minimal 2 orang.
  3. Berikan lembar kerja berisi kata acak atau amplop berisi kata/kalimat acak. Beri waktu beberapa menit untuk mereka menyelesaikan tugas tersebut.
Guru bisa menggunakan model kompetisi agar kegiatan lebih menantang dan menyenangkan. Bisa juga dengan teknik menempel di papan sehingga semua siswa bisa melihat hasil kelompoknya dan tim lawan.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar