Manfaat Ikut Organisasi Siswa dan Mahasiwa

Apakah yang dimaksud dengan organisasi? Apakah ikut berkecimpung dalam organisasi ketika menjadi siswa atau mahasiswa membawa manfaat bagi kehidupan kita? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Organisasi adalah sekumpulan atau himpunan orang yang terbentuk dalam satu manajemen. Orang-orang ini berkumpul bersama, bertukar pikiran, dan melaksanakan sebuah kegiatan dengan aturan yang disebut anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Organisasi siswa adalah organisasi yang dijalankan dan diatur oleh siswa. Sedangkan organisasi mahasiswa adalah organisasi dengan manajemen oleh para pelajar di perguruan tinggi.

Ikut dalam sebuah organisasi mempunyai beberapa manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut ini 3 manfaat yang bisa di dapat jika mengikuti organisasi.

Belajar manajemen

Di dalam organisasi, orang akan belajar seni mengatur dan hidup dalam keteraturan. Bagaimana belajar sistem bawahan dan atasan yang nantinya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di kantor. Bagaimana bersikap sebagai bawahan dan bagaimana menjadi pimpinan. Semua ada dalam organisasi.

Belajar administrasi

Administrasi seperti surat menyurat bisa ditemui dalam setiap organisasi. Bagaimana mengatur surat keluar masuk, surat keputusan, surat keterangan dan surat kuasa. Itu semua bisa dipelajari dalam organisasi siswa/mahasiswa.

Belajar menyampaikan pendapat

Organisasi identik dengan rapat. Setiap rapat, pengurus organisasi akan sering berdiskusi terhadap suatu permasalahan atau program yang akan dilaksanakan. Semakin sering menyampaikan pendapat, semakin mudah pula orang mengeluarkan pendapat dengan efektif dan efisien.

1 komentar:

  1. Salam Mas Bro / Mbak Bro

    Bener banget tuh soal belajar menyampaikan pendapat.
    Manfaat yang ga bisa didapatkan dimana-mana, kecuali di organisasi.

    Kalo ga aktif berorganisasi, dimana lagi?

    Mauliate
    Makasih

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com