Jumat, 16 November 2012

Cara Guru Memperkenalkan Diri di Kelas Menggunakan Bahasa Inggris

Saat awal tahun pelajaran, guru dan siswa belum mengenal satu sama lain. Maka, guru harus memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. 

Bagaimana caranya? Bagi guru yang sudah berpengalaman tentu mudah untuk memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris. Tapi, bagi guru baru atau guru praktek (PPL) akan merasa kesulitan memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris. Apalagi jika yang dihadapi anak-anak pinggiran yang susah diajak bicara Bahasa Inggris.

Tenang. Sekolahoke.com punya solusi. Bahkan variasi teknik memperkenalkan diri kepada siswa yang kemampuan Bahasa Inggrisnya di bawah rata-rata.
  1. Gunakan teknik kartu. Tuliskan satu kata yang berisi nama anda. Tunjukkan kepada siswa. Mintalah siswa menyebutkan pertanyaan yang cocok untuk kata tersebut. Jika ada yang berani menjawab tetapi salah beri selamat atau hadiah permen. Tulis informasi tentang anda dalam kartu yang lain dan pergunakan teknik yang sama seperti di atas.
  2. Gunakan fill in the gap. Tulislah di papan tulis "My name is ... I am from ... I am ...". Mintalah siswa mengisi titik-titik sesuai dengan ucapan guru. Anda tinggal mengucapkan sesuai dengan keadaan anda sebenarnya.
  3. Gunakan rewriting. Anda persiapkan teks pidato sederhana berbunyai "Hi, Class! My name's Mr. Fadli. I'm from Jember. I'm 32 years old. I like playing tennis. I don't like singing." Minta siswa mengisi biodata anda. Sediakan format: Name: ...... From: ....... Age: ..... Like: ....... Dislike: ........ Setelah itu bacalah teks anda sebanyak 3 kali. Beri kesempatan siswa mendengarkan dan menuliskan apa yang di dengar dari anda.
Mengapa tidak menggunakan teknik memperkenalkan diri langsung? Sebenarnya memperkenalkan diri kepada siswa secara langsung tanpa tugas, sah-sah saja. Tapi supaya menantang dan terjadi proses pembelajaran, maka siswa perlu diberi tugas.

Demikian ulasan singkat dari sekolahoke.com untuk anda para guru baru.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar