Cara Menilai Karangan Bahasa Inggris

Bagaimana cara menilai sebuah karangan Bahasa Inggris hasil karya siswa kita? Langkahnya cukup mudah. Silahkan simak berikut ini.

Kriteria yang dinilai dalam karangan Bahasa Inggris ada 4. Pertama content (isi), kedua grammar (struktur bahasa), ketiga vocabulary (kosakata), keempat spelling (ejaan).

Setelah menentukan kriteria penilaian, langkah selanjutnya adalah kategori penilaian. Kategori penilaian berupa skala. Skala bisa bervariasi. Paling gampang adalah skala 1 - 4. Poin 4 jika sempurna, poin 3 jika bagus, poin 2 jika sedang, dan poin 1 jika kurang.

Content (isi)

Yang dinilai dari segi isi adalah tingkat kedetilan cerita. Kesinambungan antar paragraf. Kecocokan cerita dengan tema yang disyaratkan.

Jika menurut anda isi karangan sesuai dengan kriteria, maka beri poin 4. Jika sedang beri poin 2. Poin 0 kemungkinan jarang terjadi karena poin nol hanya untuk siswa yang tidak mengarang.

Grammar (struktur bahasa)

Setelah memeriksa isi, saatnya memeriksa struktur bahasa. Beri poin dengan menghitung banyak atau sedikitnya kesalahan grammar.

Vocabulary (kosakata)

Kosakata bisa dilihat dari banyaknya kosakata yang digunakan. Bisa juga dengan kelayakan kosakata sesuai konteks cerita. Gunakan model prosentase. Misalnya persyaratan kosakata satu karangan adalah 150 kata, jika lebih dari 150, siswa tersebut berhak mendapat poin 4 untuk kosakata.

Spelling (ejaan)

Ejaan sangat penting untuk memahami maksud dari karangan. Jika banyak ejaan salah, maka karangan tidak bisa ditangkap maknanya. Beri poin 1 jika lebih dari separuh karangan terdapat salah ejaan.

Setelah semua kriteria diberi poin, maka saatnya menjumlah. Nilai akhir didapat dari jumlah poin dibagi jumlah poin maksimal dikalikan seratus.

Dalam contoh di atas, poin maksimal adalah 16. Jika siswa A mendapat poin 11, Maka nilainya adalah 11:16x100=68,75

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com