Bisakah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Guru?

Bisakah belajar Bahasa Inggris otodidak atau tanpa guru? Bagaimana hasilnya? Apakah bisa cepat lancar dan mampu menggunakan dengan baik?

Kalau ditanya bisa atau tidak, jawabannya bisa. Belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan otodidak. Bisa menggunakan buku, media online, tape ataupun video pembelajaran.

Bagaimana hasilnya? Kalau mengenai kognitif atau keilmuan, hasilnya tentu ada. Orang yang belajar otodidak tentu banyak tahu kosakata melalui self learning tersebut.

Apakah bisa cepat lancar dan mampu menggunakan dengan baik? Kalau pertanyaan ini, jawabannya 90 persen sulit.

Kita belajar Bahasa untuk digunakan sebagai alat komunikasi. Belajar otodidak tanpa guru hanya membuat kita belajar Bahasa Inggris secara pasif. Kepercayaan diri sulit ditumbuhkan karena tidak ada dorongan dari luar.

Kita memerlukan guru untuk memancing kita menggunakan Bahasa Inggris secara aktif. Selain itu, guru juga berfungsi mengukur perkembangan dan memperbaiki error yang sering kita buat.

Jadi, Belajar Bahasa Inggris tanpa guru itu bisa. Tapi kemampuan menggunakan untuk alat komunikasi tidak dijamin. Kita butuh guru untuk melakukannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com