Kelebihan dan Kelemahan Blog Dengan Komentar Terbuka

Blog tanpa komentar bagaikan rumah tanpa tamu. Sepi. Hanya pemiliknya yang rajin menyapu hingga bersih, nonton TV, makan camilan. Tapi tak ada tamu yang mampir untuk bertegur sapa.

Maka dari itu, banyak blog dan website menyediakan kolom komentar dengan harapan ada pengunjung yang sudi mampir dan memberi komentar terhadap postingan yang dibaca.

Kolom komentar yang ada di blog bisa terbagi menjadi beberapa tipe. Ada tipe terbuka, terbatas, dan terbuka terbatas.

Tipe komentar terbuka adalah tipe yang diberikan kepada blog yang membebaskan semua orang untuk berkomentar. Siapa saja boleh komentar bahkan komentar dari anonymus atau orang tanpa ID boleh masuk.

Tipe komentar terbatas disematkan pada blog yang membatasi komentar kepada orang yang mempunyai ID atau menjadi anggota blog tersebut. Jadi tidak semua orang bisa memberikan komentar kalau tidak bergabung dengan komunitas.

Tipe komentar terbuka terbatas adalah tipe blog yang memberi kesempatan kepada semua orang untuk berkomentar baik dengan ID atau tanpa ID tapi komentar yang masuk masih melalui tahap penyaringan atau seleksi untuk disetujui oleh pemilik blog. Jika pemilik blog setuju, maka komentar yang masuk bisa ditampilkan.

Sekolahoke.com termasuk blog terbuka. Semua orang boleh memberikan komentar asalkan ia mempunyai alamat email. Blog ini tidak menerapkan moderasi komentar yang masuk. Sehingga para pengunjung yang memberikan komentar, dia bisa melihat langsung komentarnya muncul di bagian bawah postingan.

Model seperti ini ada kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihannya adalah Sekolah Oke mulai banyak memperoleh sahabat blogger maupun netter. Sekolah Oke juga mendapat masukan cepat dari pembaca apabila ada eror HTML ataupun broken link, juga eror penulisan sehingga bisa cepat diperbaiki.

Namun ada kelemahannya. Sekolah Oke sering kebobolan dengan komentar yang out of topic, pornografi, spam, bahkan promosi yang tak ada hubungannya sama sekali dengan isi postingan.

Apa yang diperbuat oleh Sekolah Oke dengan komentar jelek ini? Ya, kami terpaksa menggunakan tombol delete terhadap komentar yang tak layak tersebut.

Nah, bagaimana dengan blog anda?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com